Sukses

6 Alasan Kenapa Harus Berwisata ke Selandia Baru yang Akan Kembali Menerina Turis Asing

Selandia Baru termasuk negara yang terkenal dengan bentangan alam yang menakjubkan, termasuk pantai-pantainya.

Liputan6.com, Jakarta Setelah lebih dari dua tahun, Selandia Baru akan membuka kembali perbatasannya untuk turis internasional dari negara-negara bebas visa mulai 1 Mei 2022.  Sebelum itu, mereka juga akan membuka kembali perbatasannya untuk warga Australia mulai 12 April 2022.

Perdana Menteri Jacinda Arden baru-baru ini mengumumkan akan menghapus aturan perbatasan perjalanan lebih awal, karena negara tersebut menurutnya merupakan tempat yang aman untuk dikunjungi. Melansir Channel News Asia, 16 Maret 2022, Jarden mengatakan bahwa Selandia Baru atau New Zealand saat ini mampu menyediakan tempat yang aman bagi wisatawan untuk kembali.

"Indonesia memang belum masuk daftar negara yang bisa masuk ke Selandia Baru pada 1 Mei nanti, tapi tak perlu berkecil hati," ucap Robert Moningka selaku Ketua Umum DPP ITLA atau Indonesian Tour Leaders Association dalam acara virtual Ngobras Kia Ora: Welcome to New Zealand, Kamis, 31 Maret 2022.

"Rencananya, wisatawan dari Indonesia baru bisa masuk Oktober nanti. Tapi keputusan pemerintah mereka bisa saja berubah dan dipercepat lagi, apalagi kalau situasi sudah semakin membaik dan kedatangan turis asing tidak menambah kasus Covid-19 secara signifikan," sambungnya dalam acara yang diiniisasi oleh ITLA Jawa Timur tersebut.

Wisatawan dari negara dan wilayah yang memiliki kebijakan bebas visa dengan Selandia Baru, termasuk Jepang, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan. Mereka akan diizinkan berkunjung tanpa karantina dan isolasi mulai 1 Mei 2022.

Sayangnya, negara yang tidak memiliki kebijakan bebas visa dengan Selandia Baru, seperti China, India, dan Indonesia, belum dapat masuk hingga Oktober 2022. Namun, tanggal tersebut masih akan ditinjau. Ada juga kemungkinan aturannya dicabut dan tanggal dimajukan.

Saat ini, Selandia Baru mengalami gelombang infeksi varian Omicron, dengan lebih dari 21.000 kasus baru tercatat pada 15 Maret 2022. Namun, sebagian populasi masyarakat telah divaksinasi, dengan lebih dari 95 persen masyarakat yang mendapatkan vaksin dosis kedua. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lokasi Syuting Film

Selandia Baru adalah negara yang terkenal dengan bentangan alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah deretan pantai-pantainya yang memukau. Pantai tersebut juga sering dijadikan tempat berlibur bagi penduduk lokal dan juga menjadi favorit para pelancong dunia.

"Selandia Baru termasuksalah satu destinasi favorit dunia yang setidaknya harus Anda kunjungi. Selain jaraknya tidak terlalu jauh dari Indonesia, mereka punya berbagai tempat wisata menarik, terutama buat Anda yang suka dengan alam," terang Angelika Handriani selaku Manager New Zealand Jouneys LTD.

Anegliak menambahkan, ada banyak alasan kenapa kita Selandia Baru sangat disarankan masuk dalam daftar negara yang harus dikunjungi saat kita sudah punya banyak pilihan negara yang bisa disambangi di masa pandemi ini. Setidaknya ada enam alasan utama kenapa kita harus beriwsata ke Selandia Baru.

1. Pemandangan yang Indah

Selandia Baru terdiri dari dua bagian pulau, yakni bagian selatan dan utara. Pada pulau bagian selatan, Anda bisa menikmati rentang alam seperti pegunungan, gletser, dan hutan hujan yang subur.

Sedangkan di bagian utara, bagi Anda yang lebih suka ke pantai di pulau ini Anda bisa merasakan deburan ombak dan juga situs geotermal.  "Ada banyak tempat dengan pemandangan indah di Selandia Baru yang memikat banyak orang dari berbagai negara. Salah satu buktinya, film The Lord of The Rings dan The Hobbit lokasi syutingnya seluruhnya di Selandia Baru," jelas Angelika.

3 dari 5 halaman

2. Mempertahankan Budaya Lokal

Tidak banyak negara yang masih mempertahankan budaya leluhurnya dan menjadikannya tujuan wisata. Namun, Selandia Baru justru menjadikan budaya asli mereka tetap dilestarikan.

Bahkan ungkapan dan bahasa suku Maori (penduduk asli Selandia Baru) ada di setiap rambu jalan, program televisi dan interaksi sehari-hari. Selain itu, pemerintah setempat juga menjadikan atraksi tradisi lokal sebagai daya tarik wisata sehingga budaya dan warisan, serta sejarah Maori tetap terjaga.

3 Kebun Anggur Terkenal di Dunia

Kebun anggur yang luas dan indah tak hanya ada di Eropa atau Amerika saja. Di Selandia Baru terdapat kebun anggur yang terkenal di dunia. Sebab iklimnya dan keberagaman tanah yang baik, negara tersebut menjadi salah satu produsen anggur putih terbaik.

4. Negara yang Aman

Saat berpergian, Anda kemungkinan merasa khawatir tentang barang-barangmu apakah aman atau tidak. Anda mungkin juga mempertanyakan, bagaimana keamanan di negara tersebut. Namun, bila Anda berkunjung ke Selandia Baru, Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya.

“Selandia Baru merupakan salah satu negara teraman di dunia, malahan kalau kita malam hari. Jadi, kalau mau solo traveling ke Selandia Baru tidak usah khawatir lagi dengan masalah keamanan,” ujar Angelika. 

4 dari 5 halaman

5. Wwisata yang Menantang Adrenalin

Bungy jumping di Queenstown, Abseiling di Waitakere Ranges Auckland, gua dan ngarai di Waitomo, dan berbagai aktivitas menantang lainnya ada di Selandia Baru.  Negara ini bahkan disebut sebagai taman bermainnya para wisatawan penantang adrenalin,. Jadi bagi Andayang suka kegiatan ekstrem, lebih baik tentukan pilihan mana yang akan dinaiki.

6. Satwa Liar yang Beragam

Untuk para penyuka hewan-hewan yang unik dan langka, liburan ke Selandia Baru bisa jadi pilihan yang pas. Di tempat ini banyak jenis burung, reptil prasejarah, lumba-lumba langka, sampai makhluk laut yang mungkin belum Anda temui sebelumnya.

Salah satunya adalah burung kiwi yang hanya ada di Selandia Baru. Burung ini hanya bisa dilihat di cagar alam dan kebun binatan tertentu, seperti Auckland, Rotorua, dan Wellington. 

5 dari 5 halaman

Negara-negara yang Sudah Buka Pintu untuk Turis Asing

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.