Sukses

Miss Universe 2012 Dilarang Naik Pesawat karena Pakai Sport Bra Berlapis Kardigan Tipis

Liputan6.com, Jakarta - Insiden penumpang pesawat dilarang terbang karena masalah pakaian kembali terulang. Kali ini keluhan datang dari Miss Universe 2012, Olivia Culpo, yang akan berangkat menuju Cabo San Lucas, Meksiko, menumpang pesawat American Airlines pada Kamis pekan lalu.

Culpo yang terbang bersama adik dan kekasihnya saat itu mengenakan sport bra warna hitam dan bicycle short yang dilapis kardigan warna senada. Sesaat sebelum masuk pesawat, ia diminta untuk lebih menutupi tubuhnya.

Insiden itu kemudian diunggah sang adik, Aurora, lewat media sosialnya. Dalam unggahan Instagram Stories, sang adik mengklaim Olivia dipanggil ke depan gerbang hanya untuk diminta mengenakan sweater.

Bila ia menolak, Olivia berisiko tak diperbolehkan masuk ke pesawat. Sikap petugas darat maskapai itu membuatnya marah. Menurut Aurora, busana yang dikenakan sang kakak tidaklah 'tidak pantas' atau 'tidak sopan'. 

"Its cute (ini imut)," ujarnya dalam unggahan tersebut seraya memperlihatkan tampilan keseluruhan Olivia.

Dikutip dari Mirror, Senin (17/1/2022), Olivia Culpo akhirnya meminjam hoodie milik kekasihnya untuk memenuhi syarat yang diajukan maskapai. Sementara, Christian McCaffrey, atlet NFL, kekasih Olivia terpaksa hanya mengenakan kaus putih tipis sepanjang perjalanan mereka menuju Meksiko.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Merasa Didiskriminasi

Drama itu belum benar-benar berakhir. Beberapa waktu kemudian, Olivia mengunggah ulang unggahan sang adik sambil menuliskan keterangan, "Serahkan pada Aurora yang membuat berita. Sembunyikan aku."

Ia juga mengunggah video seorang penumpang pesawat yang sama dengannya berpakaian tak jauh berbeda darinya. Ia terlihat mengenakan sport bra warna biru yang dipadu legging dan berlapis kardigan warna senada. Yang membedakan legging itu panjangnya hingga semata kaki, sedangkan Olivia hanya mengenakan celana pendek di atas lutut.

Dalam laman American Airlines dituliskan aturan berpakaian bagi penumpang pesawat. Mereka diwajibkan mengenakan busana yang pantas dan dilarang menggunakan pakaian yang tidak sopan. Selain itu, penumpang juga dilarang tak beralas kaki selama penerbangan.

Ahli hukum penerbangan, Adam Anolik, kepada The Washington Post juga mengingatkan, "Maskapai yang berbeda memiliki aturan masing-masing berkaitan dengan busana, tetapi aturan itu sering tak jelas dan akhirnya menyerahkan diskresi kepada petugas maskapai di lapangan."

3 dari 4 halaman

Bukan Kasus Pertama

Insiden tersebut bukan kasus pertama yang dihadapi Olivia selama menggunakan pesawat terbang. Ia pernah dilarang membawa anjing peliharaannya ke dalam pesawat ketika akan mengunjungi orangtuanya.

Olivia pun akhirnya mengeluhkan hal itu di akun Instagramnya. Ia menulis, "Aku yakin bukan aku saja yang lari sambil menangis di bandara, tetapi itu benar-benar pengalaman terburuk yang pernah kualami. Aku hanya ingin pulang."

Ia menambahkan, "Ketika kedua orangtuamu terkena Covid dan kamu mencoba pulang untuk menolong mereka tetapi tiba-tiba anjingmu yang sebelumnya sudah diizinkan, akhirnya tidak dibolehkan terbang bersamamu."

Ia mengaku kecewa dengan maskapai yang melarang anjingnya terbang. Ia menyebut anjingnya sudah berkali-kali terbang dan tak pernah ada masalah sebelumnya.

4 dari 4 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat