Sukses

Pendirian Patung Ronaldo Dituding Menghina Warga Goa India

Mengapa Patung Ronaldo di Goa, India, dianggap menghina warga India?

Liputan6.com, Jakarta - Masalah patung bisa menghebohkan masyarakat, tak terkecuali di India. Kali ini terkait patung pesepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, yang baru diresmikan.

Patung Cristiano Ronaldo ditempatkan di negara bagian Goa barat, India. Di tempat itu, sepak bola sangat populer. Para pejabat setempat berharap pendirian patung itu akan menginspirasi kaum muda.

Namun, Goa juga merupakan bekas jajahan Portugis. Sudah 60 tahun lamanya sejak negara bagian itu terlepas dari Portugal, dilansir dari laman BBC, Kamis, 30 Desember 2021.

Mereka yang tak setuju mengatakan pemain sepak bola lokal seharusnya dihormati. Terlebih, beberapa anggota tim nasional India dulu dan sekarang adalah orang Goa.

"Sangat kecewa mendengar patung Ronaldo didirikan. Belajarlah untuk bangga dengan ikon kita sendiri seperti Samir Naik dan Bruno Coutinho," kata seorang warga Goan kepada kantor berita IANS.

Selama peresmian patung Cristiano Ronaldo, beberapa orang mengibarkan bendera hitam sebagai tanda protes, lapor surat kabar Times of India. Tim sepak bola Portugal sangat populer di Goa, dan karena masa lalu kolonialnya, banyak penduduk setempat telah tinggal di Portugal atau memiliki keluarga di sana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terhina

Namun, beberapa orang di negara bagian India merasa terhina dengan pemasangan patung yang bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-60 Goa setelah merdeka dari pendudukan Portugis. Itu terjadi 14 tahun setelah negara bagian lain di India merdeka dari kekuasaan Inggris.

"Mendirikan patung pesepak bola Portugal tahun ini adalah tindakan asusila. Kami mengutuk ini," kata aktivis sayap kanan Guru Shirodkar, seperti dikutip IANS. "Ada banyak pejuang kemerdekaan di Goa yang telah dihina," tambahnya.

Meski begitu, Michael Lobo, seorang anggota parlemen lokal di Partai Bharatiya Janata Party (BJP) yang berkuasa, tak sepenuhnya sependapat. Ia mengunggah foto dirinya dengan patung itu sambil mengatakan bahwa patung itu dipasang "atas permintaan kaum muda kita" untuk menginspirasi mereka "untuk membawa sepak bola ke tingkat yang lebih tinggi".

Meskipun kriket tetap menjadi olahraga paling populer di India, sepak bola, terutama Liga Utama Inggris. adalah favorit di beberapa tempat negara bagian,  seperti Kerala di selatan, Goa di barat, Benggala Barat di timur dan semua dari delapan negara bagian timur laut.

3 dari 4 halaman

Profil Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo lahir di Funchal, Madeira, Portugal pada 5 Februari 1985. Pemilik nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu sempat bermain di Real Madrid dan Manchester United.

Ronaldo menjadi kapten timnas Portugal itu meraih masa keemasan ketika bergabung dengan Manchester United pada 2003 dari klub profesional pertamanya di Portugal, Sporting Lisbon. Keberadaan itu membuat Ronaldo menjadi pemain pertama di Old Trafford.

Ronaldo yang awalnya memilih nomor punggung 28 di Manchester United tetapi diberi nomor 7 oleh Sir Alex Ferguson itu menjalani debutnya bagi Setan Merah. Saat ini Ronaldo kembali ke Manchester United setelah berkarier di Real Madrid.

4 dari 4 halaman

Infografis Cristiano Ronaldo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.