Sukses

Tips Wali Kota Bandung Oded M Danial Jaga Keharmonisan Keluarga Semasa Hidup, Penting Dicontoh

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia pada Jumat (10/12/2021). Ia meninggalkan seorang istri, tujuh putri, dan sepuluh cucu. 

Hubungan keluarga lelaki kelahiran Tasikmalaya, 15 November 1962 itu terbilang harmonis. Sang istri, Siti Muntamah, kerap membagikan potret kemesraan keluarganya, termasuk saat berduaan dengan sang suami. 

Dalam unggahan di Instagram pada 15 November 2021, misalnya. Saat itu, ia mengunggah video spesial yang dibuat untuk memeringati hari ulang tahun Mang Oded ke-59, sapaan akrabnya, yang berupa cuplikan beragam momen kebersamaan. 

Terlihat bagaimana para anak dan cucu menghormati Oded sebagai orangtua. Sang istri juga memuji sang suami karena selalu memberi perhatian dan dukungan, serta bersabar menjaga ia dan anak-anaknya.

"Melindungi dengan tanggung jawab,menjadi teladan dalam ibadah kepada Allah SWT mengajarkan kami akhlaq dan integritas serta kepemimpinan dengan cinta dan kesabaran. Terimakasih abi sayang yang selalu menjadi cahaya keluarga kecil kita, semoga sehat selalu dan bersama hingga syurgaNya,aamiin...," tulis perempuan yang akrab disapa Umi itu.

Sang suami rupanya kerap berbagi tips menjaga keharmonisan keluarga. Pada unggahan 3 April 2021, contohnya, ia mengingatkan agar suami membantu pekerjaan istri di rumah. Hal itu penting untuk menumbuhkan rasa sayang antara suami dan istri.

"Salah satunya adalah suami membuat teh sendiri, nyeduh kopi sendiri, masak sendiri utk keluarga (jika bisa) mencuci apa yg bisa dicuci. ⁣⁣Buat istrimu merasa terbantu, insya Allah keberkahan ada di rumah kita⁣.⁣ Sepakat?" tulis Oded.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mendidik Anak

Oded juga kerap menyoroti soal pendidikan anak. Ia pernah berbagi tips mendidik anak dalam beberapa unggahan. Salah satunya pada 21 Maret 2021.

Menurut dia, para orangtua harus memiliki banyak jurus saat mendidik anak. Orangtua pun harus peka titik jenuh anak agar pendidikan bisa optimal.

"⁣⁣Para orang tua kudu peka, pahami bermainnya mereka adalah belajar terbaiknya, pada usia-usia tertentu. ⁣⁣Wilujeng ngasuh! Semangat menghadirkan generasi terbaik untuk keberlangsungan Bangsa ini kedepan," tulis Oded saat itu.

Ia pun kerap terlihat ikut mengasuh cucu saat senggang. Terkadang ia membawa cucunya berlibur ke alam bebas, di lain waktu ia memilih menjaga cucu-cucunya di rumah saja.

3 dari 4 halaman

Perhatian pada Menantu

Perhatian juga tak hanya diberikan pada anak dan cucu, tetapi menantunya. Bahkan salah satu unggahan terakhir di Insta Story-nya berisi ucapan selamat bagi Thyazen Alhakimi, salah satu menantunya yang baru saja meraih gelar doktor apoteker dari Universitas Padjadjaran.

"Alhamdulillah," komentar Oded pendek.

Thyazen merupakan seorang pria Yaman, suami dari putri keempat Oded, Aisyah Nurrohmah. Pernikahan keduanya digelar pada Minggu, 3 September 2017. 

Ia dikenal sebagai seorang hafiz (penghafal) Alquran. Dalam sebuah kesempatan, Oded mengaku seluruh menantunya adalah hafiz yang dikenalkannya kepada putri-putrinya tanpa melewati tahap pacaran.

 

4 dari 4 halaman

3 Cara Jadi Pahlawan Pelindung Keluarga