Sukses

Sneakers Michael Jordan Pecahkan Rekor dengan Terjual Rp20,8 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sepasangan sneakers Nike Air Ships yang dikenakan oleh legenda NBA, Michael Jordan, terjual dengan nilai fantastis. Sneakers itu memecahkan rekor dengan terjual di pelelangan dengan nilai 1,47 juta dolar AS atau setara Rp20,8 miliar.

Dilansir dari CNN, Selasa (26/10/2021), Michael Jordan mengenakan sneakers berwarna merah dan putih itu selama pertandingan NBA kelimanya pada musim debut bersama Chicago Bulls pada 1 November 1984. Sneakers ini terjual ke kolektor ternama Nick Fiorella pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Penjualan sneakers Michael Jordan ini juga menetapkan rekor dunia baru untuk harga tertinggi yang dicapai untuk sepasang sneakers di lelang, menurut rumah lelang Sotheby's. Sneakers ini menjadi sepatu kets pertama yang terjual lebih dari 1 juta dolar AS di balai lelang.

Sampel Nike Air Yeezy Kanye West terjual dengan harga mengejutkan, yakni 1,8 juta dolar AS atau setara Rp25,4 miliar dalam penjualan pribadi pada April lalu. Ini menjadikannya sepatu kets termahal di dunia.

Kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby Brahm Wachter menyampaikan dalam sebuah pernyataan bahwa "hasil pemecahan rekor untuk Jordan Nike Air Ships menegaskan posisi Michael Jordan dan waralaba Air Jordan di puncak pasar sepatu kets."

Pada 1984, Michael Jordan dan Nike memulai kolaborasi mereka untuk menciptakan merek pakaian dan sepatu khas Jordan. Itu adalah kali pertama merek tersebut melakukan itu dan membuka jalan bagi banyak kolaborasi pemain saat ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Momen Manis

Agen Jordan, David Falk, meminta orangtuanya untuk membujuknya naik pesawat. "Ibuku berkata 'kamu akan pergi dan dengarkan. Kamu mungkin tidak menyukainya, tetapi kamu akan pergi,'" kenang Jordan dalam sebuah episode dari serial dokumenter "The Last Dance ."

Sebagai pemula, Jordan menandatangani kontrak sepatu kets lima tahun dengan Nike pada 1984. Kontrak itu hadir dengan bayaran tahunan sebesar 500 ribu dolar AS.

Kelahiran "Air Jordan" menjadi momen manis bagi Jordan dan Nike. "Pada akhir tahun keempat, Nike berharap dapat menghasilkan tiga juta dolar AS dalam penjualan. Tetapi pada akhir tahun pertama, mereka menghasilkan 126 juta dolar AS," kata Falk.

3 dari 4 halaman

Popularitas

Dilansir dari BBC, Selasa (26/10/2021), shooting guard yang menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Chicago Bulls ini menjadi ikon global. Jordan juga membantu meningkatkan profil NBA di seluruh dunia.

Jordan pensiun dari dunia basket pada 2003. Momen ini menjadikan dirinya sebagai pemain miliarder pertama dalam sejarah NBA.

Sementara, pihak lelang memperkirakan sepatu terjual antara 1 juta dolar AS--1,5 juta dolar AS. Rekor harga sepatu kets telah dipecahkan beberapa kali dalam beberapa tahun dan menunjukkan minat dari pembeli umum dan kolektor terkemuka.

4 dari 4 halaman

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air