Sukses

Vending Machine di Jepang Sediakan Hadiah Tiket Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Jepang kerap membuat beragam inovasi terbaru, terutama yang berkaitan dengan teknologi. Misalnya saja, baru-baru ini Jepang membuat produk yang bakal disukai para traveler.

Mereka menghadirkan mesin penjual otomatis (vending machine) mainan kapsul berhadiah tiket pesawat Pergi Pulang (PP). Dilansir Soranews24, 11 Oktober 2021, ide unik ini dihadirkan maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier), Peach Aviation yang merupakan anak perusahaan All Nippon Airlines (ANA).

Vending machine ini dinamai lotre perjalanan atau Tabikuji. Cara bermainnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membeli kapsul telur yang ada di dalam vending machine tersebut, mirip-mirip lucky draw atau spinning wheel.

Hadiah utamanya adalah tiket pesawat pulang-pergi ke beberapa destinasi dengan pesawat Peach Aviation. Meski begitu, mesin ini tidak sepenuhnya acak.

Anda akan lebih dulu diminta untuk menentukan bandara keberangkatan. Bandara keberangkatan dan kepulangan akan disesuaikan dengan tempat mesin gacha berada.

Kemudian, ada 12 rute yang bisa jadi pilihan. Kalau Anda memilih Bandara Haneda Tokyo sebagai bandara keberangkatan dan kepulangan, maka tujuannya bisa Sapporo Shin Chitose (CTS), Memanbetsu (MMB), dan Kushiro (KUH) di Hokkaido.

Lalu ada Kansai International (KIX) di Osaka, Fukuoka (FUK), Nagasaki (NGS), Miyazaki (KMI), Oita (OIT ), dan Kagoshima (KOG) di barat daya pulau Kyushu. Terakhir, ada Naha (OKA), New Ishigaki (ISG) dan Amami (ASJ) di Okinawa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2 Mesin di 2 Lokasi

Bagi yang tertarik untuk memainkan mesin gacha ini, mereka harus membayar sebesar 5.000 yen atau sekitar Rp620 ribu sekali main. Meski harganya cukup menguras kantong, permainan ini bisa menguntungkan karena ada beberapa destinasi dengan harga yang lebih mahal jika dibeli langsung.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan tanggal keberangkatan dan penukaran tiket pesawat bisa dilakukan kapan saja hingga 31 Maret 2022 mendatang. Buat mereka yang ingin menjajal Meson Tabikuji ini, Peach hanya menyediakan dua vending machine, yaitu di Tokyo dan Kansai.

Mesin Tabikuji Tokyo berada pusat perbelanjaan Shibuya Parco di lantai enam. Sedangkan mesin gacha di Kansai, terletak di Shinsaibachi Parco di Osaka.

3 dari 4 halaman

Tes Covid-19 Mandiri

Tak hanya untuk menjual barang atau produk, vending machine ternyata juga bisa jadi tempat tes Covid-19 mandiri. Salah satunya ada di Singapura. Melansir Asia One, menurut Kementerian Kesehatan (MOH), tes antigen (ART) akan tersedia di vending machine sepanjang waktu.

Mesin itu tersebar di 56 lokasi, termasuk Choa Chu Kang, Toa Payoh, Woodlands, dan Pasir Ris mulai 18 September 2021. Daftar lengkap lokasi pengumpulan dan langkah yang diperlukan untuk mendapatkan alat tes mandiri tersedia di laman gowhere.gov.sg.

Masyarakat dapat memindai NRIC atau FIN (semacam kartu identitas warga Singapura) untuk mengambil tiga paket yang berisi kit tes antigen di vending machine. Paket alat tes dari vending machine dapat digunakan untuk tes mandiri, guna memenuhi persyaratan peringatan risiko kesehatan.

Peringatan itu diberikan kepada warga yang berada dekat dengan area infeksi virus Covid-19 dalam waktu lama atau teridentifikasi berkontak erat dengan pasien. Peringatan ini akan dikirimkan via SMS, kepada masyarakat yang selama 14 hari terakhir berkontak dengan warga yang memiliki catatan kasus Covid-19. Rujukannya adalah data SafeEntry, yaitu sistem check-in digital Singapura yang mencatat detail identitas individu, seperti kartu identitas dan nomor ponsel, yang mengunjungi tempat-tempat umum.

4 dari 4 halaman

Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat