Sukses

Buka Restoran Baru, Gordon Ramsay Dikecam Karena Harganya Kemahalan

Harga yang ditawarkan restoran terbaru Gordon Ramsay itu dinilai tidak masuk akal.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya punya beragam acara memasak di televisi, Gordon Ramsay juga punya sejumlah restoran dengan kualitas yang tak perlu diragukan.

Pria berusia 54 tahun ini punya sejumlah restoran di Inggris dan beberapa negara lainnya. Namun baru-baru ini, chef terkenal ini mendapat banyak kecaman.

Juru masak terkenal Salt Bae yang viral karena aksi menaburkan garam pada makanannya, terkena kecaman warganet akibat harga makanan yang dinilai sangat tinggi. Kini, giliran Ramsay yang mendapat kecaman serupa dari warganet.

Ramsay diketahui akan membuka restoran terbarunya yang bernama The River Restaurant by Gordon Ramsay pada 11 Oktober mendatang di Savoy Hotel, London. Ia pun ingin mencoba menawarkan hidangan fish and chips klasik khas Inggris.

Pria yang punya beberapa acara di televisi ini mengunggah foto ikan dan kacang polong dalam akun Instagram dan Twitter miliknya beberapa hari lalu. Ia mempromosikan pembukaan restoran barunya itu.

Namun hal itu ternyata tidak membuat para penggemarnya terkesan dan justru menuai banyak kritik. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan pada restoran terbarunya itu dinilai tidak masuk akal.

Dilansir dari Insider, pengunjung restoran harus membayar lebih dari 33 dolar AS atau sekitar Rp 478 ribu untuk sepiring gurnard (ikan bersayap), yang disajikan dengan kacang polong mint dan saus tartar hangat.

Harga itu tidak termasuk kentang goreng. Untuk mendapatkan kentang goreng yang diberi garam bonito, pengunjung harus membayar 9 dolar AS atau sekitar Rp130 ribu. Jadi, jumlah total untuk hidangan fish and chips itu mencapai 42 dolar AS atau sekitar Rp609 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kritikan Warganet

Hal itu mengundang banyak komentar warganet, termasuk di akun Twitter Ramsay. "bruh kamu menipu orang dengan harga ini, itu tidak sepadan dengan harganya, saya lebih suka pergi ke restoran dona pelos. Saya makan lebih baik dan lebih murah dari itu," protes seorang warganet.

Tak hanya warga Twitter, kritikan warganet juga memenuhi unggahan di aku Instagram milik Ramsay. "Saya lebih suka menghabiskan 15 dolar AS (Rp 217 ribu) untuk makanan utuh daripada seperti 120 dolar AS (setara dengan Rp 1,7 juta) di piring dengan 3 ons makanan di atasnya," komentar warganet lainnya.

Ini bukan pertama kalinya Ramsay dikecam karena harga makanan yang ia tawarkan. Pada November lalu, koki berbintang Michelin ini menjadi perbincangan karena menu restoran Gordon Ramsay Burger di London menawarkan harga yang sangat tinggi. 

3 dari 4 halaman

Biaya Tambahan

Ia menjual burger tanpa kentang goreng dengan harga 106 doalr AS atau sekitar Rp 1,5 juta. Kalau ingin menambahkan kentang goreng, maka akan dikenakan biaya tambahan 8 dolar AS atau sekitar Rp116 ribu.

Makanan tersebut berisi patty daging sapi, sirloin wagyu yang dibakar, keju truffle Pecorino, cep mayones, dan truffle hitam segar. Kini hidangan tersebut telah diganti dengan burger tahun 1849; yang meliputi patty daging sapi Wagyu Chili, keju truffle Pecorino, jamur, truffle hitam, porcini aioli, dan selada air.  Harga yang ditawarkan masih sama, tetapi sudah termasuk kentang goreng bertabur keju parmesan truffle.

Restoran milik Ramsay itu juga menghadirkan milkshake yang dicampur puding. Ada pula sajian pilihan vegetarian dan vegan, sayap ayam Hellfire, serta kentang goreng truffle.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.