Sukses

6 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami, Tak Hanya Lavender

Liputan6.com, Jakarta - Nyamuk bisa jadi serangga yang tidak disukai manusia. Selain menyebabkan bentol, gigitan nyamuk tertentu, yakni Aedes aegypti, juga bisa menyebabkan kematian akibat demam berdarah.

Data dari Kementerian Kesehatan 2020 menyebut, kasus demam berdarah tersebar di 473 kabupaten di Indonesia dan kematian akibat DBD terjadi di 219 kabupaten/kota. Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa terdapat lima kabupaten/kota di Indonesia yang saat ini memiliki kasus DBD tertinggi yaitu Buleleng, Badung, Kota Bandung, Sikka, dan Gianyar.

Menyikapi hal ini, jangan terburu-buru langsung meracuni rumah Anda dengan menggunakan cairan anti-nyamuk. Ada cara alami yang bisa dicoba, yakni dengan menanam tanaman. Berikut enam tanaman yang dapat mengusir nyamuk, dilansir dari Wonderwall, Kamis, 23 September 2021.

1. Serai

Serai atau Citronella bisa membantu mengusir serangga, termasuk nyamuk, lewat aroma yang kuat. Minyak serai juga kerap digunakan sejumlah produsen untuk produk losion anti-nyamuk.

Cara menanam serai juga relatif mudah. Anda bisa memanfaatkan batang serai yang tak dipakai untuk bumbu masakan. Buat potongan kecil saja, taruh di media tanam dalam polybag kecil, hingga muncul tunas. Begitu muncul, Anda bisa memindahkan ke polybag yang lebih besar atau ke tanah langsung.

2. Marigold

Marigold merupakan tanaman bunga yang mudah tumbuh dan mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini dapat ditaruh di dalam pot dan diletakkan di dekat pintu masuk rumah atau di teras untuk mengusir serangga. Tanaman ini tergolong dapat mengusir nyamuk karena mengandung tagetone yang dapat mengusir serangga serta pyrethrum yang dapat meracuni serangga.

Menurut New York Botanical Garden, Marigold tidak hanya mengusir nyamuk, tetapi dapat pula mencegah beberapa hewan lainnya, antara lain kutu daun, thrips, dan nutu nebul (whiteflies). Bunga ini juga sangat efektif bila ditanam di sebelah tomat dan kentang untuk mengusir serangga.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Rosemary

Tanaman rosemary juga baik untuk mengusir nyamuk. Rosemary bahkan direkomendasikan oleh New York Botanical Garden dan PlantShed untuk mengusir nyamuk.

Rosemary yang terkenal dengan aroma woody ini dapat membuat nyamuk hingga ngengat pergi menjauh. Anda dapat membuat semprotan anti-nyamuk sendiri dengan merebus segenggam penuh tangkai rosemary dalam satu liter air selama 20 menit. Kemudian, saring cairan yang sudah dingin dan masukkan ke dalam botol.

Cairan ini dapat langsung disemprotkan ke kulit ataupun ke area ruangan. Simpan cairan yang tidak digunakan di lemari es. Jika sudah tidak berbau, cairan itu dapat dibuang.

4. Lemon Balm

Tanaman Lemon Balm merupakan tanaman yang menyerupai daun mint dengan aroma lemon. Lemon Balm tidak hanya digunakan untuk mengusir serangga, tetapi dapat pula digunakan sebagai bumbu maupun teh herbal.

Daun Lemon Balm dapat dihancurkan dan dioleskan pada kulit untuk mengusir nyamuk. Lemon Balm mengandung senyawa citronellal yang dapat mengeluarkan aroma lemon dan aroma yang tidak disukai oleh serangga.

 

3 dari 4 halaman

5. Peppermint

Kebanyakan serangga tidak menyukai bau dan rasa pepermint karena tanaman ini mengandung mentol. Karena itu, tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di area rumah Anda.

Jika digigit serangga, Anda dapat mengoleskan daun peppermint yang telah dihancurkan ke kulit yang gatal. Dengan mengoleskan daun peppermint dapat memberikan rasa nyaman pada kulit. Minyak esensial yang beraroma mint juga dapat meredakan gigitan serangga.

6. Lavender

Tanaman lavender sudah dikenal oleh banyak orang karena memiliki aroma yang menenangkan. Lavender yang memiliki bunga berwarna ungu merupakan tanaman pengusir nyamuk yang alami karena mengandung senyawa pinene dan linalool yang tidak disukai nyamuk.

Lavender ini dinilai sangat tangguh dan tahan panas. Tanaman ini hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup dan saluran air yang baik. Anda dapat menggosokkan tanaman Lavender langsung ke kulit untuk mengusir serangga. Selain itu, lavender efektif untuk mengusir nyamuk dewasa. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19