Sukses

Pentingnya Menyusun Rencana Perjalanan Sebelum Bepergian

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian tak melulu bicara soal keseruan ketika sampai dan menikmati suasana dan pemandangan di destinasi yang dituju. Jauh sebelum itu, biasanya akan ada persiapan yang dilakukan, seperti menyusun rencana perjalanan.

Menyusun rencana perjalanan umumnya berkaitan dengan memilih lokasi traveling, akomodasi, hingga transportasi yang akan digunakan. Lantas, apa pentingnya penyusunan rencana perjalanan sebelum bepergian?

"Jadi well-prepared, dalam artian, ketika kita mau mau mengunjungi suatu daerah, jadi kita sudah tahu apa destinasi yang akan kita tuju," kata CEO Kemanayo Rizal Azhar dalam peluncuran virtual Kemanayo, Selasa, 15 Juni 2021.

Rizal menambahkan, dengan menyusun rencana perjalanan, pelancong juga akan tahu apa yang akan dihadapi nantinya. Sebagai travel itinerary marketplace, pihaknya juga telah menyediakan berbagai rencana perjalanan secara menyeluruh.

"Melalui pendekatan secara personal, kami menyediakan itinerary dengan panduan lengkap di dalam platfotm built-in digital map. Jadi enggak usah lagi buka memo atau capture, web, social media, jadi di dalam satu genggaman," lanjutnya.

Dikatakan Rizal, setiap orang bepergian, maps sudah ada dalam platform untuk mengarahkan dan tersedia pula detail kegiatan yang direkomendasikan. Dalam menyusun rencana perjalanan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai travel contributor.

2 dari 5 halaman

Kerja Sama dengan Travel Contributor

Secara platform, Kemanayo mempertemukan antara traveler dan travel contributor. Setiap pilihan rencana perjalanan diciptakan secara tematik atau personalized oleh travel contributor. Mereka terdiri atas travel enthusiast, tour guide, UMKM, dan masyarakat lokal dari setiap destinasi yang dibuat.

Tema yang dihadirkan pun beragam, mulai dari outdoor, foodies, heritage, activities, hingga local instagramable. "Kontributor bisa menggunakan platform kita untuk memberikan informasi secara detail bagi traveler," ungkap Rizal.

Kemanayo menyasar pengguna untuk di sisi traveler, dari segala rentang usia dengan berbagai macam hobi ataupun minat. Platform ini juga bisa digunakan turis mancanegara yang membutuhkan rencana perjalanan yang tematik ketika ke Indonesia.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Bisnis

Rizal menyebut, platform ini juga bisa untuk seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan income atau positive impact dengan menjadi travel contributor di Kemanayo. "Karena secara sistem ketika kontributor memberi itinerary di tempat kita, ketika ada transaksi itu akan ada namanya bagi hasil antara kontributor dengan kami," lanjutnya.

Ia melanjutkan, platform ini juga dapat digunakan untuk pemerintah daerah. "Masing-masing daerah enggak perlu lagi men-develop aplikasi satu-satu, mereka bisa menggunakan platform kita yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata di daerahnya," kata Rizal.

"Para pelaku usaha, travel, transportasi, akomodasi juga dapat menggunakan platform kita untuk meningkatkan bisnisnya lagi, karena secara itinerary mereka bisa bundling dan redeem atau menukarkan," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: