Sukses

Apakah BTS Meal Itu?

Membeludaknya pengunjung dan antrean sopir ojol yang ingin membeli BTS Meal membuat sejumlah gerai McD ditutup petugas.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Rabu, 9 Juni 2021, publik diramaikan oleh BTS Meal yang merupakan kolaborasi brand makanan cepat saji antara boyband Korea BTS dengan McDonald's di sejumlah negara. Di Indonesia, menu BTS Meal baru saja dirilis kemarin, 9 Juni 2021.

Paket tersebut ternyata sangat laris manis. Bahkan, beberapa gerai terpaksa ditutup oleh pihak keamanan karena antrean yang panjang menimbulkan kerumunan. Padahal, paket BTS Meal tidak untuk pembelian makan di tempat maupun take away.

Di Pekanbaru misalnya, tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru membubarkan kerumunan pembeli BTS Meal di McDonald's Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman. Petugas yang terdiri dari polisi, TNI, dan Satpol PP sempat memasang garis polisi di lokasi. 

Di Jakarta, dua gerai McD yaitu di Stasiun Gambir dan Menteng juga ditutup untuk sementara karena ramainya pengunjung yang datang ingin membeli BTS Meal.  Meski menimbukan kehebohan, apakah kamu sudah tahu apa sebenarnya BTS Meal itu?  Dilansir dari beragam sumber, berikut enam hal tentang BTS Meal yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Asal Mula

McDonald's mengumumkan melalui media sosial resminya berkolaborasi dengan BTS pada 19 April 2021. Restoran cepat saji itu mengunggah sebuah video kentang yang disusun dengan logo BTS. Tak disangka, Army langsung meramaikan unggahan tersebut dan menunggu momen itu terjadi.

"Coming this May: The BTS Meal, (Hadir pada Mei ini: Makanan BTS)," tulis akun media sosial resmi McDonald’s pada 19 April 2021. Kolaborasi keduanya merupakan bagian dari promosi makanan selebritas edisi terbatas yang sedang dilangsungkan jaringan restoran cepat saji tersebut.

BTS Meal secara resmi tersedia mulai 26 Mei 2021 di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Austria, Kanada, Brasil, dan Malaysia. Sedangkan, di Indonesia dirilis pada 9 Juni 2021, lebih cepat dari rencana semula yaitu 26 Juni 2021.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Isi Paket

Setelah mengumumkan peluncuran, McDonald’s memberitahu apa saja isi di dalam paket “BTS Meal”. Paket ini dirancang sesuai dengan preferensi menu para anggota BTS. Menu McD x BTS terdiri dari sepuluh potong Chicken McNuggets, kentang goreng ukuran sedang, minuman ukuran sedang dan Sweet chili dan Cajun sauces yang dikembangkan di McDonald's Korea. Tetapi, di Indonesia jumlah nugetnya hanya sembilan.

Dari segi kalori, jumlah satu porsi paket BTS Meal mengandung 1.098 kalori. "French Fries medium kalorinya 320 kalori. Mc Nuggets 9 Pcs kalorinya 378 kalori. Minuman Cola Medium kalorinya 210 kalori. Saus Cajun kalorinya 140 kalori. Saus Sweet Chili kalorinya 50 kalori. Jadi totalnya kalo abis, 1.098 kalori," tulis akun Instagram @dietsantuy.

Dalam kandungan kalori tersebut, lemak terkandung 51,5 gram; karbo 137,5 gram; protein 25,7 gram; sodium 1.311 miligram.

3 dari 7 halaman

3. Tersedia di 50 Negara

Sejak awal sudah diumumkan bahwa paket BTS Meal akan tersedia di 50 negara, di antaranya Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Kroasia, Yunani, Maroko, Singapura, UEA, Qatar, Australia, dan Indonesia

Di Indonesia paket BTS Meal yang diluncurkan pada Rabu, 9 Juni 2021. Sudah tersedia mulai pukul 11.00 WIB dan hanya bisa dipesan melalaui Drive Thru atau secara online, termasuk melalui ojol.

"Dapatkan BTS Meal sekarang dan pesan mulai jam 11 pagi di Drive Thru, McDelivery, GoFood, GrabFood, dan juga ShopeeFood," tulis akun resmi Instagram McDonald’s Indonesia pada 9 Juni 2021.

 

4 dari 7 halaman

4. Jadi Fenomena

Meski sudah diperkirakan akan banyak diminati, tapi peluncuran paket BTS Meal jadi fenomena karena pemesanannya membludak di seluruh gerai McD. Hanya dalam hitungan jam McD Indonesia langsung menutup layanan pemesanan secara online. Kramaian tersebut juga terekam di media sosial dan menjadi viral.

Akibat membeludaknya pemesanan yang menyebabkan kerumunan, cukup banyaj gerai McD terpaksa ditutup oleh Satgas Covid-19, Satpol PP maupun pihak kepolisian setempat.

Di stasiun Gambir misalnya, banyak sekali pengemudi ojol yang mengantre untuk mendapatkan promo menu BTS Meal. Kapolsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta mengatakan Satgas Covid-19 Tingkat Kecamatan mengecek McDonald's Stasiun Gambir.

Pihaknya kemudian memutuskan untuk membubarkan pengemudi ojek online. Kade menerangkan, hal ini semata-mata agar tidak menimbulkan kerumunan yang berpotensi menjadi sarang penularan Covid-19.

5 dari 7 halaman

5. Kemasan BTS Meal

Yang paling istimewa dan dinanti dari kolaborasi McD x BTS adalah kemasan BTS Meal. Kemasan tersebut sangat dinanti dan diminati oleh Army, sebutan penggemar BTS. Terdapat tiga kemasan utama dalam sepaket menu tersebut, yaitu kotak nugget, cup minuman, dan brown bag.

Akibat banyak diminati oleh penggemar, kemasan BTS Meal dijual dengan harga yang beragam di e-commerce Indonesia. Dikutip dari salah satu e-commerce Indonesia, Kamis (10/6/2021), harga dari satu set kemasan BTS Meal dijual Rp159.000, Rp 180.999, dan Rp 200.000. Kemudian untuk satu brown bag dan satu cup minuman di ual seharga Rp200.000.

Untuk harga kemasan termahal yang dijual melalui e commerce adalah tiga paket kemasan senilai hampir Rp600 ribu. Padahal harga asli paket BTS Meal hanya sebesar Rp50 ribu untuk ukuran medium dan sudah termasuk pajak.

 

6 dari 7 halaman

6. Soal Rasa

Dengan kehebohan yang ditimbulkan, tentu banyak yang penasaran bagaimana rasa dari paket BTS Meal?  Dari beberapa orang yang mengulas rasa dari paket tersebut, salah satunya adalah Chef Arnold yang ikut membeli menu paket tersebut.

Ia bahkan menghabiskan uang sebesar Rp3 juta  untuk memborong paket tersebut. Selain penasaran ingin membeli, anak Chef Arnold memang sangat mengidolakan BTS.

Namun soal rasa, Chef Arnold yang menyantap paket tersebut bersama Chef Renatta dan Chef Juna mengaku rasanya tidak terlalu istimewa.  "Dah gini doang?" tulis Chef Arnold di akun Twitter pada Rabu, 9 Juni 2021. (Muhammad Thoifur)

7 dari 7 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.