Sukses

Ini Dia 5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Gatal-Gatal di Kulit Kepala

Liputan6.com, Jakarta Menggaruk kepala memang bisa membantu meringankan gatal-gatal pada kulit kepala. Namun, cara ini tidak akan bertahan lama. Bila kulit kepala yang gatal, terus menerus digaruk maka kulit bisa teritasi.

Gatal-gatal pada kulit kepala merupakan kondisi yang sering kali dialami setiap orang. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari kulit kepala kering, kotor dan berminyak, ketombe, hingga kutu rambut. Menggaruk kepala mungkin bisa membantu meringankannya, namun cara ini tidak bertahan lama. Terlebih bila terus menerus digaruk, kulit bisa teriritasi.

Selain mengatasi gatal-gatal dengan produk perawatan rambut yang tepat, Anda dapat melengkapinya dengan mencoba bahan-bahan alami yang biasa tersedia di rumah. Tak hanya mengatasi kulit kepala gatal, bahan alami ini juga bisa membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah gatal-gatal di kulit kepala. Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung anti-jamur, anti-peradangan, dan anti-bakteri yang bisa mengusir masalah pada kulit kepala. Ada dua cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati kulit kepala gatal. 

Pertama, campurkan sepuluh sampai dua puluh tetes tea tree oil dengan sampo bayi dan gunakan untuk mencuci rambut dengan teratur. Dan kedua adalah campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air, celupkan bola kapas ke dalamnya, dan dengan lembut aplikasikan pada kulit kepala sebelum tidur. Ulangi perawatan ini selama satu sampai dua minggu.

 

2 dari 3 halaman

2. Minyak zaitun

Khasiat minyak zaitun tidak hanya menyehatkan kulit kepala tapi juga mengatasi masalah gatal-gatal. Menurut Medical News Today, minyak zaitan dapat membantu melembutkan dan melonggarkan kerak dan sisik gatal di permukaan kulit kepala. Caranya, pijatkan minyak zaitun ke kulit kepala dan diamkan kurang lebih satu jam. Bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi kulit kepala. Mulai dari melebabkan kulit, memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Karena dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, maka bisa mencegah kekeringan pada kulit kepala. Lebih dari itu, minyak kelapa juga bisa mencegah timbulnya ketombe.

Oleskan sedikit minyak kelapa langsung ke kulit kepala dan pijatkan ke kulit. Biarkan selama setidaknya 10 menit sebelum mencuci rambut seperti biasa.

 

3 dari 3 halaman

4. Minyak serai

Minyak serai bisa mengatasi ketombe yang menjadi penyebab umum timbulnya gatal-gatal di kulit kepala. Minyak serai dipercaya mampu menguatkan folikel rambut, sifat anti-inflamasinya membantu mencegah iritasi di kulit kepala.

Larutkan minyak serai dengan air lalu aplikasikan ke kulit kepala. Lakukan pijatan ringan lalu diamkan beberapa menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung zat alami asam asetat. Zat ini bisa membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Sifat anti mikrobanya dapat menghilangkan bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan rasa gatal. Sifat anti-inflamasi cuka apel juga dapat membantu eksfoliasi kulit kepala.

Campurkan satu sendok cuka sari apel dengan dua sendok air, dan oleskan langsung ke kulit kepala. Biarkan selama lima menit sebelum mencucinya dengan sampo lembut. Namun, penting untuk tidak mengaplikasikan cuka sari apel pada permukaan kulit yang iritasi karena bisa menimbulkan rasa terbakar.

 

(*)

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid