Sukses

Ide Buka Puasa, Memasak Udang Bakar Sambal Matah dengan Minyak Kelapa Sawit

Liputan6.com, Jakarta - Hangatnya kebersamaan dengan keluarga salah satunya dapat terasa lewat buka puasa. Momen ini juga akan kian menyenangkan jika dibarengi tersajinya menu buka puasa yang memanjakan lidah, seperti udang bakar sambal matah dengan minyak kelapa sawit.

Penggunaan minyak kelapa sawit berperan dalam olahan buka puasa. Tak hanya menyempurnakan rasa, namun kandungan vitamin dan mineral jadi pelengkap asupan nutrisi dalam tubuh. Maka dari itu, Chef Amy Zein mengajak membuat sajian tersebut.

Chef Amy Zein menjelaskan sajian udang bakar sambal matah dalam sesi live Instagram bersama Diadona.id. Apa saja manfaat minyak kelapa sawit dalam olahan masakan?

Untuk menciptakan rasa yang pas dan tampilan menggugah selera, proses pengolahan menu berbuka puasa memerlukan bahan pelengkap berkualitas. Pada proses tersebut, minyak kelapa sawit memegang peranan penting dalam menjaga karakteristik makanan.

"Minyak kelapa sawit bisa mempertahankan karakteristik makanan walaupun dimasak dengan suhu tinggi. Baik digoreng, tumis ataupun bakar, kelapa sawit bisa menjaga kualitas makanan," kata Chef Amy Zein.

Disebutkannya, ia juga menggunakan minyak kelapa sawit untuk proses baking agar mendapatkan cake yang bertekstur lebih lembut. "Minyak kelapa sendiri bersifat netral, tidak memiliki aroma dan rasa, sehingga tidak memengaruhi rasa makanan itu sendiri," tambahnya.

Minyak kelapa sawit punya banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Jika dibandingkan minyak untuk memasak lainnya, kelapa sawit lebih rendah kalori dan memiliki kandungan lemah jenuh yang sedikit. Tak hanya itu, kandungan vitamin E dalam minyak kelapa sawit juga bagus untuk peremajaan kulit.

"Minyak kelapa sawit juga mudah untuk ditemui. Tersedia di banyak tempat dan harga yang terjangkau. Jadi, segala manfaat dari minyak kelapa sawit bisa didapatkan dengan mudah dan murah," ungkap chef yang juga seorang penyiar radio ini.

2 dari 4 halaman

Kata Chef Amy Zein

Chef Amy Zein juga membagikan resep dan cara mengolah udang bakar sambal matah untuk disajikan saat berbuka puasa. Salah satu elemen penting dalam proses memasak ini adalah dengan minyak kelapa sawit.

Ia menjelaskan untuk membuat udang bakar sambal matah diperlukan beberapa bumbu penting, salah satunya adalah margarin. Dikatakannya, ada perbedaan antara margarin dan mentega, yakni mentega memiliki bahan dasar berupa susu, maka margarin dibuat dari kelapa sawit. Jadi selain bisa memberikan rasa dan warna udang bakar yang menggugah selera, kandungan kelapa sawit dalam margarin juga menyehatkan.

"Untuk sambal matahnya, aku pakai minyak kelapa sawit yang nggak dipanaskan. Tanpa perlu dimasak, minyak kelapa sawit yang ditambahkan dalam sambal matah bisa mengeluarkan aroma dan rasa yang khas dari perpaduan bawang, cabai, terasi dan serai," jelas Che Amy Zein.

Tak lupa, ia turut mengungkap tips menu olahan apa saja yang bisa dilengkapi dengan minyak kelapa sawit. Menurutnya, semua olahan baik goreng, tumis, bakar, hingga baking bisa terasa lebih sedap berkat minyak kelapa sawit, termasuk berbagai jenis makanan mulai dari ikan, udang, ayam, dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: