Sukses

Alasan Pramugari Jarang Melewati Pemeriksaan Keamanan di Bandara

Liputan6.com, Jakarta - Kat Kamalani membagikan pengetahuannya lewat akun TikTok miliknya. Kali ini pramugari itu membagikan alasan mengapa pramugari dan awak kabin lainnya tak menjalani pemeriksaan keamanan saat di bandara.

Perempuan yang tinggal di Amerika Serikat (AS) yang juga seorang pramugari membagikan rahasia dan tips tentang pesawat terbang di media sosial. Melansir dari laman Mirror, Senin, 10 Mei 2021, sekarang membagikan kembali video yang lain.

"Pernahkah Anda berada di bandara dan Anda berpikir 'di mana semua pramugari dan pilotnya? Mengapa mereka tidak melalui pemeriksaan keamanan?" tanya dia.

Ia menjelaskan bahwa di sebagian bandara besar, mereka memiliki sesuatu yang dikenal sebagai KCM atau Known Crew Member atau anggota kru yang telah dikenali. Ketika mereka dipekerjakan, mereka menjalani pemeriksaan latar belakang yang ekstensif, sidik jari, dan proses yang menyeluruh.

"Jadi, kami dapat melewati pintu kecil rahasia, menunjukkan lencana kami, menunjukkan anggota kru yang dikenali, itu dipindai dan kami berjalan langsung, kami tidak perlu melakukan pengecekan pengamanan," imbuhnya.

Meski begitu, lanjut Kat, ada kalanya ia tidak bisa melakukan hal tersebut. "Jadi, jika Anda melihat awak pesawat melewati bagian keamanan, terkadang kami dipilih secara acak. Saat kami memindai lencana kami, saat petugas akan mengatakan Anda harus melalui keamanan, maka kami berjalan ke depan untuk melewati pengecekan keamanan seperti penumpang lain.”

Namun, mereka bisa melewati aturan membawa barang lebih dari tiga ons. Mereka juga diperbolehkan membawa barang berbentuk cairan lebih banyak. Unggahan Kat telah ditonton lebih dari 372.000 orang. Lebih dari 64.000 orang menyukainya. Tak sedikit penonton yang terkejut dengan informasi dari Kat.

2 dari 4 halaman

Sapa Penumpang

Sebelumnya, Kat Kamalani sempat membagikan rahasia mengapa pramugari selalu menyapa para penumpang saat naik ke pesawat. "Pernahkah Anda naik pesawat dan melihat pramugari berdiri menyapa Anda?" tanya Kamalani, yang berasal dari Salt Lake City, berkata di awal video. "Atau pramugari yang berjalan mondar-mandir di lorong pesawat."

Menurut Kamalani, saat itu pramugari menilai penumpang dan mencari orang yang dapat membantu kru pesawat dalam keadaan darurat.

"Jadi, saat Anda naik ke dalam pesawat dan Anda melihat wajah kami yang bahagia dan tersenyum, kami sebenarnya sedang melihat Anda dari atas ke bawah dan kami mencoba menemukan ABS (Anti-lock Braking System) kami dan yang disebut sebagai Orang Siaga," jelas Kamalani. "Jadi, inilah orang-orang yang akan membantu Anda dalam keadaan darurat."

3 dari 4 halaman

Heboh Penumpang Pesawat Membeludak

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: