Sukses

Jelang Larangan Mudik, Simak Panduan Layanan GeNose C19 di Bandara Adi Soemarmo

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Adi Soemarmo saat ini melayani pemeriksaan GeNose C19. Layanan di bandara internasional di Surakarta, Jawa Tengah ini tersedia mulai Kamis, 29 April 2021, menjelang masa larangan mudik, yakni 6--17 Mei 2021.

Layanan GeNose C19 di Bandara Adi Soemarmo berlokasi di Gedung Parkir Roda 2 Lantai 1 Bandara Internasional Adi Soemarmo, tepatnya di sebelah barat stasiun Kereta Bandara. Waktu operasional layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul 08.00--15.00 WIB.

Tarif layanan GeNose C19 ini sebesar Rp40 ribu. Sebelum pemeriksaan, calon penumpang perlu mengetahui beberapa hal terkait registrasi hingga pengambilan sampel napas.

Melalui akun Instagram resmi Bandara Adi Soemarmo disampaikan bahwa terlebih dahulu dapat registrasi dengan menunjukkan kartu identitas diri dan kode booking tiket pesawat di loket pendaftaran. Calon penumpang juga dapat registrasi secara online dengan mengunduh aplikasi Farmalab di telepon pintar atau mengisi data diri di rapid.apsupports.com.

Usai registrasi, calon penumpang akan diarahkan untuk membayar di kasih yang ada di dekat loket pendaftaran. Selanjutnya, calon penumpang akan mendapatkan nomor antrean dan kantong GeNose C19, lalu diarahkan ke ruang tunggu untuk persiapan pemeriksaan.

Sebelum pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang diwajibkan untuk tidak makan, tidak minum kecuali air putih, dan merokok selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas.

 

** #dilarangmudik 

     #ingatpesanibu

     #DILARANG MUDIK

2 dari 4 halaman

Tata Cara

Petugas akan mengedukasi calon penumpang tata cara meniup kantong GeNose C19 dengan benar. Saat pemeriksaan akan diminta untuk mengambil napas dari hidung dan membuang napas melalui mulut sebanyak tiga kali.

Langkah tersebut terdiri dari dua kali ambil napas dan membuangnya melalui mulut di dalam masker. Kemudian, pengambilan napas ketiga mengembuskan napas ke dalam kantong hingga penuh.

Selanjutnya, kunci kantong agar udara tidak keluar, lalu serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis dengan alat GeNose C19. Usai pemeriksaan selesai, calon penumpang akan diarahkan ke tempat tunggu pengambilan hasil tes GeNose C19.

Proses layanan GeNose C19 sendiri dari awal sampai dengan pengambilan hasil membutuhkan waktu kira-kira 20--40 menit. Calon penumpang juga disarankan untuk datang empat jam lebih awal sebelum jadwal penerbangan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

3 dari 4 halaman

GeNose, Alat Deteksi Cepat Covid-19 Karya Anak Bangsa

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: