Sukses

Penguin-Penguin Magellan Duta Kampanye Kurangi Sampah Plastik

Bagi penguin, sampah plastik yang tidak terkendali dan terolah adalah ancaman bagi kehidupannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga jenis penguin Magellan yang menggemaskan datang ke salah satu restoran di Chicago. Kedatangan penguin-penguin ini bukan tanpa alasan, mereka membawa pesan serius untuk disampaikan.

Tiga penguin dari Shedd Aquarium berkunjung ke restoran Shaw's Crab House di Chicago untuk mendukung Chicago Restaurant Week yang berlangsung hingga Minggu, 4 April 2021. Program itu dijalankan untuk memerangi polusi plastik, yang disebut Let’s Shedd Plastic.

Langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 selama pandemi telah menyebabkan lonjakan plastik sekali pakai dari kemasan. Lewat inisiatif tersebut, mereka berupaya menurunkan jumlah sampah tersebut sembari mencari solusi untuk mengurangi penggunaan plastik.

Mengutip Travel and Leisure, Kamis, 1 April 2021, "Mengingat sebagian besar plastik ini tidak digunakan kembali atau didaur ulang, pada akhirnya akan mencemari danau, sungai dan lautan kita," kata Shedd Aquarium dalam situs resmi.

 

 

 

Ketiga penguin yang hadir itu bernama Tilly, Olivia, dan Dolores. Penghuni Shedd Aquarium tersebut berterima kasih pada restoran karena telah menjadi mitra dalam upaya menghilangkan penggunaan plastik.

Sampah plastik yang tidak terolah bisa sampai masuk ke laut. Dampak jangka panjangnya tentu mengancam habitat asli penguin. 

 

Sampah plastik yang dihasilkan dari restoran beragam, termasuk sedotan dan tongkat pengaduk. Meski terlihat kecil, jumlahnya bisa memutari Bumi. Sebuah studi yang dilansir pada 2017 memperkirakan sekitar 8,3 miliar sampah plastik dihasilkan di dunia.

"Kami di Shaw's sangat mendukung Shedd, inisiatif plastik. Menyingkirkan hal-hal seperti sedotan dan tongkat pengaduk plastik benar-benar membantu kami lebih sejalan dengan praktik Shedd dalam membuang plastik," kata Bill Nevrus dari Shaw's Crab House.

 

 

Tak hanya itu, kunjungan tiga penguin ini juga bertujuan untuk melatih indra mereka saat menjelajahi tempat baru. Kunjungan tersebut bukan pertama kalinya selama pandemi.

Sebelumnya, dua dari penguin Shedd Aquarium telah mengunjungi Field Museum dan empat penguin juga pernah datang ke The Friends Experience, yakni kedai kopi Central Perk yang memiliki sofa oranye yang ikonis. (Melia Setiawati)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.