Sukses

Cara Makin Hemat Belanja Bulanan

Beberapa orang kerap mengeluh uang gajian cepat habis sebelum waktunya. Padahal, hal itu bisa diatasi dengan manajemen keuangan yang baik. Jika Anda mampu mengelolanya dengan baik, tentunya semua akan bisa lebih teratur.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang kerap mengeluh uang gajian cepat habis sebelum waktunya. Padahal, hal itu bisa diatasi dengan manajemen keuangan yang baik. Jika Anda mampu mengelolanya dengan baik, tentunya semua akan bisa lebih teratur. 

Sebagai contoh, saat belanja bulanan terkadang orang menjadi lebih boros. Dilansir liputan6, berikut cara mengelola gaji bulanan dengan baik. 

Buat anggaran 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Kamu bisa membuat daftar pengeluaran dan kebutuhan selama sebulan. Pengeluaran yang sifatnya primer, seperti makan, tagihan listrik, sewa kos dan cicilan. Anda juga bisa membuat anggaran untuk belanja sampai hangout. 

Untuk belanja bulanan, Anda perlu mencatat produk yang perlu dibeli sesuai kebutuhan. Ingat, jangan membeli produk yang tidak bermanfaat. Hal itu hanya menghamburkan uang saja. 

Anda bisa menyisihkan 40% gaji, 30 untuk kebutuhan setiap bulan, dan 20 untuk belanja dan hangout. Lalu, 10% Anda bisa gunakan untuk saving atau menabung. Dari daftar ini, Anda bisa menilai pengeluaran yang bermanfaat atau tidak. Jika tidak, Anda bisa membuat pengeluaran tersebut. 

Buat laporan harian 

Saat ini sudah banyak platform atau aplikasi  yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan.  Nah, Anda bisa manfaatkan itu untuk membuat laporan harian, seperti makan, mengisis bahan bakar motor dan belanja bulanan. Catat dengan baik, dari situ Anda akan mengetahui besaran pengeluaran Anda setiap harinya. 

Buat skala prioritas

Dengan total gaji yang Anda dapat, alangkah baiknya Anda membayar pengeluaran yang sifatnya prioritas. Mulai dari cicilan, tagihan air dan listrik sampai sewa tempat tinggal. Hal itu mencegah uang yang digunakan terpakai oleh kebutuhan lainnya. Setelah itu, Anda bisa membuat catatan prioritas untuk belanja bulanan. Barang yang akan Anda beli sesuai kebutuhan pokoknya. 

Cermat saat belanja

Belanja memang menjadi kebutuhan bagi setiap orang, baik belanja bulanan sampai belanja kebutuhan lainnya.  Maka dari itu, cermat memilih produk yang terjangkau bisa membuat Anda lebih hemat dengan gaji bulanan. 

Sebagai contoh, belanja online. Nah, Anda bisa memanfaatkan promo - promo yang sedang dijalankan. Mulai dari gratis ongkir sampai flash sale yang selalu digelar setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga terjangkau. 

Sama halnya belanja di Tokopedia. Dengan berbagai promo yang diberikan, Anda bisa menghemat uang gaji bulanan. Pasalnya, Tokopedia memiliki promo gratis ongkir, flash sale Tokopedia dan banyak lagi. 

Tunggu apa lagi, buka aplikasi Tokopedia di smartphone Anda dan pilih produk kebutuhan sekarang juga!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini