Sukses

Satu Tahun Pandemi, Ini Cara Konkrit Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Liputan6.com, Jakarta Satu tahun sudah pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan masih berlangsung entah sampai kapan. Meskipun vaksinasi Covid-19 telah dimulai, namun masih butuh waktu lama untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dan situasi kembali normal.

Untuk mencegah penyebaran dan tertular virus, pemerintah terus menghimbau masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, termasuk 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas).

Dengan masih banyaknya aturan dan pembatasan sosial, sedikit banyak tentu berpengaruh pada kondisi mental dan fisik. Mulai dari perasaan depresi, frustasi, rasa cemas hingga ketakutan. Sedangkan secara fisik tubuh bisa menjadi mudah pegal-pegal, kram pada kaki, nyeri pada leher dan bahu, serta mata menjadi mudah lelah. Belum lagi jika asupan makanan, pola istirahat dan kebersihan rumah tidak diperhatikan. Malahan membuat tubuh gampang sakit dan mudah terpapar virus.

Untuk menjaga kesehatan mental dan fisik memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, pastikan senantiasa praktekkan beberapa hal di bawah ini.

1. Jaga rutinitas tetap teratur dan sehat

Pertahankan rutinitas sehat yang sudah dilakukan. Jangan karena masih bekerja di rumah, Anda jadi terbiasa bangun siang. Bangun pagi, menghirup udara segar dan menikmati sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh. 

2. Rutin berolahraga

Lakukan olahraga ringan selama di rumah, stretching, yoga, angkat barbel, lompat tali, dan sebagainya manfaatkan perlengkapan lain yang Anda miliki. Buat diri Anda berkeringat agar metabolisme tubuh bekerja optimal. Selain itu olahraga juga dapat menurunkan tingkat stres dan depresi serta membakar kalori.

2 dari 3 halaman

3. Asupan makanan dan informasi yang sehat

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur, Anda juga perlu menerima informasi atau arus berita yang sehat. Akses informasi lain yang bisa membuka wawasan, memberi inspirasi dan optimisme. Sehingga Anda bisa menghindari perasaan cemas dan khawatir berlebihan karena pandemi.

4. Batasi penggunaan gadget sebelum tidur

Menatap layar ponsel dan televisi terus menerus tidak membuat tubuh Anda lebih baik dan tidur lebih nyenyak. Mulai sekarang sebaiknya Anda mencoba tidak menonton televisi maupun menggunakan ponsel satu jam sebelum waktu tidur.

3 dari 3 halaman

5. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Anda perlu tetap memastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar seluruh sistem di tubuh dengan lancar dan sempurna. Kekurangan cairan dapat membuat Anda mudah lelah dan tidak baik bagi organ dalam. Hindari mengkonsumsi minuman soda berlebihan atau bahkan alkohol.

Untuk alternatif minuman sehat, Anda bisa mencicipi minuman sarang burung walet. Sarang walet atau dikenal dengan sebutan Edible Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat.

Di balik segarnya minuman sehat sarang burung, sarang walet mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami. Memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem imun, sumber asam amino, mineral terbaik dan antioksidan. Selain itu, juga mencegah resistensi insulin, menurunkan risiko penyakit jantung dan bisa meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan para usia lanjut.

Begitu banyaknya manfaatnya sarang walet, produsen minuman sarang burung walet mengajak masyarakat Indonesia untuk terus mempertahankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi olahan sarang burung walet melalui program-program sehat yang dijalankan seperti Stay Fit dan Royal Wellness. 

Stay Fit merupakan partner yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari bagi anda dan keluarga, termasuk anak-anak yang mana kesehatan adalah prioritas Utama. Program ini yang membantu menjaga sistem imunitas guna memaksimalkan kegiatan sehari-hari tanpa merepotkan.

Kemudian program sehat Royal Wellness. Program ini hadir untuk memberikan nutrisi lengkap untuk segala usia. Glikoprotein dan asam sialat dalam kandungan sarang burung walet aslinya membantu menyokong sistem imun, mempercepat proses regenerasi sel, menjaga sistem metabolisme tubuh, serta membantu menjaga sistem pencernaan.

 

(*)