Sukses

Terobosan 5 Jenis Kemasan Plastik Lebih Ramah Lingkungan bagi Para Pebisnis

Liputan6.com, Jakarta - Sampah, termasuk sampah plastik, telah jadi persoalan yang butuh solusi, tak hanya cepat, tapi juga tuntas. Sampah plastik sekali pakai yang tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan, dan jadi faktor penyumbang perubahan iklim.

Merespons masalah itu, EnviGo!, perusahaan yang menyediakan lima jenis pilihan kemasan plastik, menginovasi kemasan plastik lebih ramah lingkungan. Ini diklaim sebagai solusi bagi para pebisnis dari berbagai industri, mulai dari perusahaan ritel, e-commerce, start-up, sampai jasa pengiriman.

“Kami ingin perusahaan-perusahaan di Indonesia lebih peduli dengan lingkungan sekitar mereka,” jelas Kevin Susanto, Chief Green OfficerEnviGo!, melalui keterangan resmi pada Liputan6.com, baru-baru ini.

Kevin menyambung, pihaknya juga ingin perusahaan-perusahaan tersebut jadi lebih sadar bahwa mereka dapat mengurangi plastik sekali pakai, yang berimbas buruk pada lingkungan, dengan menggunakan kemasan lebih ramah lingkungan.

Saat ini, sambungnya, sejumlah perusahaan sudah menggunakan produk EnviGo!. Termasuk dalam daftar itu adalah Kopi Kenangan, Mangkokku, Jiwa Group, dan SecBowl. Kopi Kenangan disebut menggunakan produk oxo bio plastic untuk mengganti kantong plastik konvensional.

"Sejak menggunakan produk dari EnviGo!, tak sedikit yang memuji kami karena pilihan kemasan kami sekarang dinilai jauh lebih kuat dibanding yang sebelumnya, memudahkan konsumen membawa kopi mereka," tutur James Prananto, Co-Founder dan COO Kopi Kenangan.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Produk yang Ditawarkan

Kemasan plastik lebih ramah lingkungan yang diawarkan EnviGo! terbagi jadi beberapa jenis. Mereka adalah cassava bag, paper bag, spunbond bag, e-commerce cour, dan oxo bio plastic.

Cassava bag terbuat dari tepung singkong yang dapat menampung benda-benda kering dengan berat sampai lima kilogram (kg) dan diklaim lebih kokoh dibanding kantong plastik konvensional. Juga, dapat terurai dengan alami dalam waktu enam bulan, dan dapat diolah jadi kompos.

Sementara, paper bag EnviGo! dapat digunakan berulang kali dan didaur ulang karena terbuat dari bahan alami. Selain ramah lingkungan, kemasan ini juga memberi kesan lebih eksklusif. Kemasan ini dapat terurai dengan alami dalam waktu enam minggu.

Kemasan spunbond terbuat dari bahan mineral alami yang aman, sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang berkat kekokohannya. Lebih tebal dibanding kantong plastik di pasaran, para pebisnis tak perlu cemas akan tali yang cepat robek. Kemasan spunbond dapat terurai dalam waktu 50 tahun.

Kemudian, kemasan e-commerce courier bag dinilai berguna bagi online shop untuk pengiriman barang karena memiliki keamanan yang tinggi dan tahan di kala hujan, juga panas. Kemasan ini terurai dalam waktu dua tahun.

Ada lagi oxo bio plastic. Kemasan jenis ini dapat terurai setelah dua tahun karena terbuat dari bahan-bahan alami, di samping dapat diolah jadi kompos. Dengan harganya yang ekonomis, oxo bio plastic dapat dijadikan pilihan kemasan yang tepat bagi para pebisnis.

3 dari 4 halaman

Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: