Sukses

Kisah Cinta Bill Gates, Humor dan Yayasan Jadi Rahasia Awet Pernikahan 27 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kisah kehidupan Bill Gates yang pernah didapuk sebagai orang terkaya dunia memang menarik. Namun tidak hanya sukses dalam karier, kisah cinta Bill Gates dan Melinda Gates juga tak kalah menarik.

Bill Gates yang merupakan salah seorang pendiri dan mantan CEO Microsoft, merasa bersyukur atas banyak keberuntungan yang ada dalam hidupnya, salah satunya adalah istrinya, Melinda Ann French. Hal itu terungkap dalam film dokumenter bertajuk Inside Bill’s Brain. Dilansir dari CNBC dan Insider, dalam film dokumenter yang dirilis pada 2019, dia mengaku sangat bersyukur atas istrinya.

Pria berusia 65 tahun itu bertemu Melinda tak lama setelah dia bergabung dengan Microsoft sebagai manajer produk pada 1987. Banyak yang menilai kehidupan cinta Melinda bagaikan dongeng karena bisa berjodoh dengan atasannya sendiri yang saat itu termasuk orang terkaya di dunia.

Bill yang jatuh hati dengan karyawannya sendiri, sempat memberanikan diri untuk mengajak Melinda kencan makan malam, namun Melinda menolaknya. Melinda hanya memberikan nomor teleponnya. Ia meminta Bill untuk menghubunginya jika waktunya sudah dekat dengan hari kencan yang diinginkan Bill, tapi Bill tidak sabar.

Di hari yang sama, Bill langsung menelepon Melinda pada malam harinya. Sejak saat itulah keduanya semakin dekat hingga kemudian berpacaran, tapi belum membicarakan tentang pernikahan. Sampai suatu hari, Melinda berjalan ke kamar Bill Gates. Di sana, Bill membuat daftar di papan tulis.

Papan tulis itu berisikan sederet keuntungan dan kerugian dari pernikahan. Ini mungkin bukan hal yang paling romantis, namun daftar di papan tulis Bill Gates tersebut mencerminkan betapa berat dirinya untuk mengambil sebuah keputusan. "Dia harus membuat keputusan," ujar Melinda dalam film dokumenter tersebut.

Sejak saat itulah keduanya semakin dekat hingga kini menjalani kehidupan bersama. Lucunya, ibu dari Melinda sempat tidak tahu kalau pria yang berpacaran dengan anaknya adalah CEO dari perusahaan tempatnya bekerja. Bill dan Melinda berpacaran selama tujuh tahun sebelum memutuskan untuk menikah pada 1 Januari 1994 di Lanai, Hawaii. Pada saat itu, Bill berusia 38 tahun dan Melinda berusia 29 tahun

Yang menarik, Bill Gates dan Melinda sebelumnya bertunangan pada 1993, yang kemudian dilanjutkan dengan berlibur bersama ke Afrika. Dalam perjalanan itulah mereka melihat kemiskinan yang ekstrem di sana. Dari sini keduanya terinspirasi untuk dapat membantu mengentaskan kemiskinan menggunakan kekayaan mereka yang melimpah.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 2000, mereka mendirikan yayasan amal bernama Bill & Melinda Gates Foundation dan sudah menyumbangkan puluhan juta dolar AS ke berbagai negara.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Microsoft Jadi Perekat

Mereka dikaruniai tiga orang anak, yaitu Jennifer Katharine Gates, Rory John Gates, dan Phoebe Adele Gates. Melinda sendiri merupakan seorang lulusan dari jurusan ilmu komputer dan bisnis. Ia bergabung dengan Microsoft saat perusahaan tersebut masih berkembang.

Microsoft merupakan salah satu faktor utama yang mengikat cinta Bill Gates dan Melinda. Namun, saat Melinda hamil anak pertama mereka, Jennifer, prioritasnya berubah drastis. Melinda memutuskan untuk berhenti bekerja demi membesarkan sang anak. Bagi Melinda, seperti itulah seharusnya yang dilakukan seorang ibu.

Keputusan itu sempat membuat suaminya terkejut. Demi meyakinkan Bill, Melinda juga menerangkan, jika mereka ingin menanamkan nilai-nilai kehidupan pada sang anak, seseorang harus tinggal di rumah. Lalu, apa rahasia pernikahan mereka bisa tetap awet selama 27 tahun dan hampir tak pernah diterpa kabar miring?

Dilansir dari Fox Business, Melinda mengaku cukup berat menjadi istri Bill Gates yang dulu doyan bekerja. Sewaktu ditanya rahasia awetnya pernikahan mereka, Melinda menyebut jawabannya adalah humor. "Ini menyenangkan, kami telah sampai ke titik di kehidupan di mana Bill dan saya bisa tertawa terhadap lebih banyak hal," ujar Melinda.

Setelah Bill tak lagi aktif di Microsoft dan anak-anak mereka sudah besar, keduanya makin aktif menjalankan Bill & Melinda Gates Foundation, yang menangani masalah kesehatan global dan pembangunan seperti memberantas polio. Selain itu, organisasi ini berusaha memperbaiki sistem sanitasi di negara-negara miskin dan mengembangkan energi bersih, serta terjangkau. 

Tidak semua orang bisa dan punya kesempatan untuk bertemu dengan belahan jiwa dan saling memberikan cinta abadi hingga lanjut usia sampai maut memisahkan. Seribu Kali Cinta merupakan ungkapan tekad untuk memberikan cinta abadi kepada sang belahan jiwa.

3 dari 4 halaman

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: