Sukses

Keraton Yogyakarta Mencari Abdi Dalem, Simak Persyaratannya

Ada empat golongan abdi dalem yang sedang dicari Keraton Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kawedanan Hageng Punakawan Kridhomardowo, divisi kesenian dan pertunjukan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta, membuka penerimaan atau rekrutmen terbuka pekerjaan sebagai abdi dalem.

Ada sejumlah syarat bagi yang ingin mendaftarkan menjadi abdi dalem di KHP Kridhomardowo yang dibagi dalam empat golongan yaitu Wiyaga, Pasindhen, Lebdaswara, dan Musikan. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram @kratonjogja, KHP. Kridhomardowo pada 16 Februari 2021.

"Kesempatan menjadi abdi dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dibuka!," tulis keterangan tersebut. Tentu Anda harus memenuhi syarat menjadi abdi dalem keraton. Berikut persyaratannya.

Syarat umum:

1. Bersedia dengan tulus mengabdi di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

2. WNI, domisili DIY - Jawa Tengah

3. Usia 17 tahun sampai dengan 45 tahun

4. Bersedia mengikuti tahap seleksi yang diadakan

5. Dalam video seleksi yang dikirim, peserta wajib untuk memperkenalkan diri (mencakup nama, umur, alamat, dan golongan yang diminati)

6. Jika dinyatakan lolos semua tahap seleksi, maka peserta bersedia melalui proses magang selama 2 tahun sebelum menjadi Abdi Dalem. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tugas Abdi Dalem

Ada persyaratan khusus di tiap golongan seperti bisa memainkan gamelan Gaya Yogyakarta untuk Wiyaga. Kemudian melagukan gerongan atau sindhenan (syair) dari materi pilihan yaitu Ladrang Raja Manggala atau Ladrang Prabu Mataram untuk Lebdaswara. Bagi Pasindhen juga harus bisa membaca not balok. Bagi Musikan harus bisa memainkan alat musik tiup atau alat musik perkusi. 

Dikutip dari laman resmi Kratonjogja.id, tugas para abdi dalem adalah sebagai pelaksana operasional di setiap organisasi yang dibentuk oleh Sultan. Tanpa adanya abdi dalem, roda pemerintahan tidak akan berjalan.

Selain menjalankan tugas operasional pada setiap organisasi di keraton, abdi dalem juga merupakan ‘abdi budaya’.  Abdi budaya adalah orang yang bisa dan mampu memberi suri teladan bagi masyarakat luas.

Abdi dalem juga harus bisa menjadi contoh kehidupan di masyarakat, bertindak berdasarkan unggah-ungguh dan paham akan tata krama. Oleh karena itu, senyum yang selalu merekah, ramah dan sopan santun yang tinggi merupakan hal yang selalu ditunjukan oleh para abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Pendaftaran dibuka hingga 1 Maret 2021 dan dokumen yang tertera pada syarat khusus bisa dikirimkan melalui e-mail: kridhomardowo@kratonjogja.id.

3 dari 3 halaman

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jawa - Bali Jilid II

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.