Sukses

6 Makanan Kaya Magnesium yang Penting Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang rutin mengonsumsi suplemen, tentu mengenal kata magnesium. Magnesium merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk perkembangan struktur tulang manusia.

Tubuh orang dewasa mengandung 25 gram magnesium, dengan 50--60 persen di dalam tulang dan sisanya di jaringan lunak. Magnesium dibutuhkan tubuh untuk ratusan reaksi kimia dan untuk menjaga kesehatan.

Sebenarnya, banyak makanan dan sayuran yang mengandung magnesium. Namun, orang tidak mendapatkan referensi asupan hariannya, yaitu 400 mg.

Mereka yang sudah mengetahui soal magnesium, tentu dengan mudah memenuhi kebutuhan hariannya. Melansir dari Times of India, Selasa, 16 Februari 2021, berikut enam makanan yang kaya magnesium yang akan membantu Anda memenuhi asupan harian.

Cokelat Hitam

Makanan ini kaya magnesium dengan 64 mg dalam porsi 28 gram, yang merupakan 16 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Cokelat hitam atau dark chocolate juga tinggi zat besi, tembaga, mangan, dan mengandung serat yang memberi makan bakteri usus yang sehat.

Makanan ini juga sarat antioksidan, yang mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Cokelat hitam baik untuk kesehatan jantung dan mencegah kolesterol jahat.

2 dari 8 halaman

Pisang

Pisang adalah potasium tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan dikaitkan dengan penurunan penyakit jantung. Pisang juga kaya magnesium. Satu pisang besar memiliki 37 mg, 9 persen dari asupan harian.

Pisang juga memiliki vitamin C, vitamin B6, mangan dan serat. Pisang memiliki pati resisten, yang sebenarnya dapat menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan usus. 

3 dari 8 halaman

Alpukat

Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 58 mg magnesium, yang merupakan 15 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Avokad juga kaya potasium, vitamin B dan vitamin K serta lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

Alpukat juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Studi menunjukkan bahwa makan alpukat dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kadar kolesterol, dan membuat kenyang.

4 dari 8 halaman

Kacang

Kacang bisa jadi camilan yang sehat dan ramah untuk penurunan berat badan. Kacang tinggi magnesium termasuk kacang mete dan kacang Brazil.

Satu porsi (28 gram) kacang mete mengandung 82 mg magnesium, yang merupakan 20 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Kacang menyehatkan jantung, memiliki sifat anti-inflamasi.

5 dari 8 halaman

Tahu

Tahu adalah makanan pokok dalam diet vegetarian karena kandungan proteinnya yang tinggi. 100 gram tahu mengandung 52 mg magnesium, yaitu 13 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Satu porsi juga memiliki 10 gram protein dan 10 persen kalsium, zat besi, mangan dan selenium yang direkomendasikan setiap hari. Makan tahu melindungi sel-sel yang melapisi arteri Anda dan mengurangi risiko kanker perut.

6 dari 8 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat sehat dan sarat dengan magnesium. Sayuran hijau dengan jumlah kalsium yang cukup termasuk kale, bayam, collard greens, lobak hijau, dan sawi.

Satu cangkir bayam yang dimasak memiliki 157 mg magnesium, yang merupakan 39 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Sayuran hijau adalah sumber nutrisi yang sangat baik, termasuk zat besi, magnesium dan vitamin A, C dan K. Mengonsumsi sayuran hijau dapat mengurangi risiko kanker.

7 dari 8 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: