Sukses

6 Kesalahan Saat WFH, Kerja di Kasur hingga Abaikan Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 membuat tak sedikit orang harus beraktivitas dari rumah, mulai dari belajar hingga work from home (WFH). Pengalaman bekerja pun terasa berbeda karena terbiasa sepanjang hari di kantor.

Bicara soal WFH, ternyata ada beberapa kesalahan yang dilakukan ketika bekerja dari jarak jauh. Hal tersebut tanpa disadari akan memengaruhi produktivitas bahkan kondisi kesehatan diri.

Apa saja kesalahan kala WFH itu? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Times of India, Senin, 8 Februari 2021, berikut ini.

1. Mengabaikan kesehatan

Semua hal terasa berbeda kala pandemi Covid-19 mulai melanda. Termasuk beragam aktivitas bekerja di kantor yang tentunya tidak akan dirasakan ketika Anda WFH.

Bekerja jarak jauh tak jarang membuat sakit punggung sampai kaki mati rasa, di sisi lain ada pula yang lupa makan siang. Anda tetap perlu memprioritaskan kesehatan terlepas dari masalah atau tekanan bekerja.

2. Bekerja di kasur atau sofa

Sulit dipungkiri, WFH membuat Anda sangat nyaman dengan kehangatan rumah. Kendati demikian, bekerja di kasur atau sofa dan bekerja dengan laptop dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental.

Jadi, saat WFH, belilah meja dan kursi sederhana. Hal ini untuk menghindari bekerja dengan nada santai di tempat tidur atau sofa karena dapat memengaruhi postur Anda.

2 dari 5 halaman

3. Lupa asah keterampilan

Meski memiliki banyak kekurangan, namun WFH juga dapat bermanfaat bagi karyawan. Anda dapat mengasah keterampilan komunikasi hingga mempelajari lebih lanjut soal banyak hal yang dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Jangan anggap remeh momen ini dan hanya mengerjakan proyek yang ditugaskan. Anda juga bisa meningkatkan keterampilan secara keseluruhan yang diperlukan untuk kerja jarak jauh.

4. Pakai piama saat WFH

Mengenakan setelan kerja biasa dan mendapatkan tampilan segar untuk hari itu, sebelum Anda mulai bekerja, akan memberi Anda pola pikir dan sikap yang benar. Meski diakui banyak yang merasa sangat sulit untuk mengikuti rutinitas ini.

Seseorang harus berusaha untuk mencapai penampilan yang rapi saat WFH. Hal tersebut akan memberi Anda suasana kantor yang sama, bahkan saat bekerja di rumah.

3 dari 5 halaman

5. Lupa buat batasan

Sulit dipungkiri, namun akan selalu ada gangguan saat WFH. Maka itu, penting untuk mempertahankan struktur kerja bahkan di rumah, yakni membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan.

Langkah itu membuat batasan soal berinteraksi saat Anda berada di tengah jam kerja. Selain itu, hal ini juga membantu Anda tetap fokus pada pekerjaan Anda dan tidak terganggu oleh hal-hal lain di rumah.

6. Lupa komunikasi dengan tim

Bekerja secara terpisah bisa melelahkan karena komunikasi yang kurang lancar dapat terjadi. WFH meningkatkan kemungkinan miskomunikasi dan karyawan mungkin juga merasa diabaikan.

Pastikan tetap menjaalin komunikasi yang memadai melalui pesan teks, panggilan audio atau video untuk mengetahui tugas, status proyek, produktivitas kerja, dan lainnya. Update sesekali untuk memastikan hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja.

 
4 dari 5 halaman

Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: