Sukses

5 Cara Menata Tanaman Gantung untuk Percantik Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran tanaman hias memiliki sederet manfaat dalam hunian, mulai dari menghidupkan suasana hingga membuat ruangan lebih segar. Begitu pula dengan tanaman gantung yang dapat menjadi alternatif Anda dalam menata ruang di rumah.

Dilansir dari laman PinkVilla, Selasa, 2 Februari 2021, menambahkan tanaman gantung dapat menghemat ruang dan kian menghadirkan kesan hijau. Untuk menggantung tanaman hias itu, ada beberapa cara untuk menatanya.

Seperti apa hal yang perlu diketahui dalam menata tanaman gantung di rumah? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Pilih wadah dekoratif tanaman yang tepat

Saat memilih pot yang kecil dan padat, tempatkan tanaman yang tidak membutuhkan banyak air dan tumbuh lebih lambat, dalam pot tersebut. Untuk tanaman yang subur dan besar, pilih pot besar yang dapat menampung jumlah tanah dan air yang dibutuhkan.

2. Gunakan tali yang tebal

Salah satu langkah yang perlu diperhatikan adalah penggunaan tali. Pilihlah tali yang tebal dan kuat untuk menggantung tanaman. Dengan begitu, tanaman bisa tertopang dengan baik, baik dari paparan air maupun sinar matahari yang konstan.

2 dari 6 halaman

3. Dirawat

Sirami tanaman sesuai kebutuhan penyiraman, pastikan untuk membersihkan daunnya, dan menambahkan pupuk di dalamnya sesekali. Jika memiliki lubang drainase, turunkan pot terlebih dulu, dan sirami tanaman agar tidak berantakan.

3 dari 6 halaman

4. Pilih tempat yang tepat

Anda dapat menggantung tanaman di depan jendela untuk menciptakan ruang pribadi tanpa menghalangi cahaya yang datang darinya. Hindari menggantungnya di atas furnitur, seperti sofa atau kursi agar area tempat duduk Anda tidak terasa tidak nyaman.

4 dari 6 halaman

5. Ciptakan jangkar yang kuat

Saat Anda menggantung pot dari jangkar, biasanya beratnya lebih ringan daripada saat ada tanaman yang tumbuh di dalamnya. Ukuran jangkar tergantung pada ukuran tanaman Anda untuk menopang beratnya.

5 dari 6 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: