Sukses

Kursus Online Minum Air Mineral Berdurasi 1 Jam, Diajari Apa Saja?

Kursus online ini berada dalam serial webinar kebugaran yang dirancang mendukung kesehatan mental dan fisik pekerja selama pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak kursus online, terlebih di masa pandemi COVID-19, tetapi kursus yang satu ini bisa jadi membuat Anda mengernyitkan dahi. Melansir The Sun, Selasa (26/1/2021), seorang staf BBC menawarkan kursus online mengajari orang minum air mineral.

Kursus yang masuk kategori webinar kebugaran itu dirancang mendukung kesehatan mental dan fisik pekerja selama masa krisis kesehatan global, di mana kebanyakan mereka bekerja dari rumah. Penawaran ini kemudian jadi topik hangat perbincangan di forum daring.

Penjelasan kursus, yang dikirim melalui pesan elektronik, berbunyi, "Menghadiri webinar ini akan membantu Anda mengidentifikasi pentingnya terhidrasi sepenuhnya dan menemukan cara praktis untuk mencapai keadaan ini setiap hari, serta memahami bagaimana terhidrasi sepenuhnya akan meningkatkan kesehatan, kesejahteraan secara keseluruhan, dan kinerja kerja."

Seorang sumber pun menanggapi, "Saya kira pelajaran utama dari kursus ini adalah untuk 'minum air', tapi mengapa butuh satu jam penuh untuk mengatakan itu adalah sebuah misteri." Webinar lain yang ditawarkan termasuk tips tentang makan sehat, berolahraga di rumah, dan menyeimbangkan bekerja dengan mengasuh anak.

Pengguna media sosial yang kesal pun mempertanyakan mengapa staf BBC pembuat kursus online itu butuh satu jam penuh untuk memberi tahu bagaimana melakukan tugas dasar, seperti minum air mineral. "Ambil segelas, isi dengan air dan minum. Hemat sedikitnya 59 menit. Sekarang kembali bekerja," sindir salah satunya.

"Bagaimana saya bisa bertahan bekerja di ruang mesin panas di kapal perang bertenaga uap dan tanpa AC di tengah kekacauan, saat berada di bagian dunia yang lebih panas, tanpa kursus (minum air mineral) satu jam?" singgung yang lain mengomentari kursus online tersebut

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BBC yang Tengah Deras Dibanjiri Kritik

Soal kursus online ini, berdasarkan laporan Express, seorang juru bicara BBC berkata, "Kami membahas fakta bahwa Anda dapat membawa jurnalis ke dekat air, tapi Anda tak dapat membuat mereka rutin minum."

Sebelum ini, BBC telah menuai kritik karena program mereka. Aktor Inggris dan aktivis politik Laurence Fox jadi salah satu yang vokal. Pekan lalu, Fox menanggapi klip dari program BBC lockdown home-schooling untuk anak-anak, di mana pemirsa diberitahu ada lebih dari 100 identifikasi gender seseorang.

"Saya sangat senang berhenti membayar untuk omong kosong propagandis ini. #DefundTheBBC. Satu-satunya cara mereka berhenti membuatnya, adalah jika Anda berhenti membayarnya! Lindungi anak-anak Anda dari departemen @bbc," kicaunya.

Sementara, pihak BBC mengatakan, program tersebut ditujukan untuk para guru agar bisa digunakan di kelas dan tak secara langsung ditujukan pada anak-anak. Dalam klip tersebut, seorang ahli terlihat memberi tahu anak-anak bahwa ia telah menemukan lebih dari 100 istilah berbeda yang digunakan untuk menggambarkan identitas gender.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.