Sukses

Selebgram Lindawaty Berikan Kursus Online Sampai Cetak Ribuan UMKM 

Lindawaty ingin memberikan peluang bisnis kepada para wanita yang hobi memasak.

Liputan6.com, Jakarta Selebgram yang juga seorang chef, Lindawaty kian semangat menebar ilmu memasaknya. Di masa pandemi Covid-19 ini, dirinya membuka kursus online bagaimana cara membuat kue atau makanan. Makanan Linda banyak disukai kalangan selebritis seperti Lesti Kejora, Poppy Bunga, Salmafina Sunan, Vanessa Angel dan banyak yang lainnya. 

Ternyata cara yang Lindawaty tempuh itu  menarik perhatian banyak wanita yang ingin belajar darinya. Kini, di akun Instagramnya yang memiliki pengikut hingga lebih dari 400ribuan, Lindawaty juga tak pelit membagikan resep. Tapi, peminat kursus onlinenya justru kian banyak. 

“Sepertinya karena mereka ingin tahu teknik dan tips tricknya lebih dalam, makanya banyak yang ikut kursus. Apalagi trend makanan dan minuman kekinian cepat berganti,” ujar Lindawaty saat ditemui di Dapur Lindawaty Cakery, Margonda, Depok, Jawa Barat, baru-baru ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wirausaha

Dahulu, Lindawaty membagikan makanan serta resep yang dibuatnya di akun Instagram Dapur Lindawaty. Aktivitas yang tadinya hanya sekadar membunuh kebosanan ini kemudian malah mendapat sambutan dari netizen. Di awal tahun 2016, follower Instagramnya hanya sekitar 5000an, namun hanya beberapa bulan kemudian, melonjak hingga 50ribuan, yang membuatnya kemudian membuat buku resep. Hingga kini, sudah empat buah buku resep karyanya yang laris manis.  

“Tujuannya memang membentuk wirausaha, apalagi di masa pandemi seperti ini, ketertarikan akan kursus online sangat meningkat, hingga empat kali lipat,” ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Proses

Setiap menu yang disajikan di kursus online, tentu sudah melewati proses development dari timnya. 

Tak hanya memberikan pengajaran lewat kursus online, Dapur Lindawaty juga melayani pembelian alat-alat baking karena banyaknya permintaan peserta kursus.  

Seiring banyaknya peserta yang mengikuti kursusnya, kemudian banyak permintaan agar makanan yang menjadi materi kursus, bisa dicicipi langsung. Karena itu, sejak awal 2020, Lindawaty membuka Dapur Lindawaty Cakery yang terletak di Jalan Margonda Raya no 494E, sebagai toko kuenya. 

 

4 dari 5 halaman

Online

Aneka kue, roti, pudding hingga kopi disajikan dengan nikmat dan tentu saja fresh dari dapurnya. Meski hanya menyediakan beberapa bangku, toko yang instagrammable ini tak pernah sepi pengunjung.  

“Sekitar 80% pembeli memang membeli lewat online, biasanya dengan ojek online atau juga bisa order di nomor WA kami. Sisanya dating ke toko, memilih makanan yang akan dibeli, kemudian pulang,” jelasnya. 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Kelebihan

Kelebihan lain dari Dapur Lindawaty Cakery adalah, makanan yang dipesan bisa diantar mulai jam 7 pagi. Inovasi ini rupanya untuk menjawab kebutuhan orang tua untuk anak-anaknya yang memulai sekolah online di pagi hari.  

Perkembangan usaha kuliner yang ditekuninya, tentu bukan dibangun dalam waktu semalam dan dengan jalan mudah. Proses jatuh bangun juga trial and error telah dilewatinya. Namun, perempuan berkacamata ini tetap rendah hati dan selalu berinovasi mengembangkan usaha yang dibangunnya dari garasi rumah ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.