Sukses

3 Makanan Kunci untuk Jalani Diet di Musim Hujan, Sehat Sekaligus Turun Berat Badan

Musim hujan dikenal sebagai periode infeksi yang mengancam kesehatan dan berpotensi menggagalkan diet.

Liputan6.com, Jakarta - Diet memang jadi metode andalan tak sedikit orang untuk menurunkan berat badan. Kendati demikian, Anda sudah sering dinasihati untuk tak meninggalkan faktor kesehatan dalam mengatur pola makan selama menjalaninya.

Ya, diet semestinya tak semata membuat angka timbangan turun, tapi juga bikin tubuh lebih fit. Ini jadi pertimbangan penting, terlebih pandemi COVID-19 belum berakhir dan sekarang telah memasuki musim hujan.

Melansir laman First Post, Rabu, 20 Januari 2021, Akanksha Mishra, seorang pakar nutrisi dan kesehatan, menjelaskan bahwa musim hujan dikenal sebagai periode infeksi. "Pilek dan batuk, malaria, demam berdarah, infeksi perut, demam, tifus, dan pneumonia sangat umum terjadi pada musim hujan," katanya.

Karena risiko dari semua infeksi ini, pihaknya selalu meminta publik mengonsumsi makanan sederhana, seimbang, dan baru dimasak. Penekanannya, kata Mishra, dengan mengurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng. "Boleh, tapi jangan terlalu banyak dan jangan setiap hari," ucapnya.

Sebagai ganti, Mishra merekomendasikan tiga kelompok makanan utama untuk diet di musim hujan. Dengan mengubah menu makanan, ia mengatakan, Anda tak hanya akan turun badan, tapi juga sehat.

Buah-buahan

Buah-buahan khas musim hujan, seperti pir, plum, ceri, leci, persik, dan delima harus dikonsumsi lebih banyak. Ini bermaksud memenuhi nutrisi baik untuk tubuh, termasuk serat, vitamin A dan C, serta antioksidan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rempah-Rempah

Sertakan rempah-rempah, seperti kunyit dan jahe, dalam makanan Anda. Mereka memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan peningkat imunitas tubuh. Makanan rumahan sederhana harus jadi target Anda dalam cuaca seperti ini.

Sayur-sayuran

Labu, seperti labu botol, labu pahit, labu runcing, labu punggung, bahkan labu India, disarankan masuk menu makan harian Anda. Di samping, tetap diseimbangkan dengan sayuran hijau.

Kuncinya, pastikan mencuci sayuran sebersih mungkin. "Mencuci sayuran sampai bersih dan memasaknya dengan api besar sangat penting," kata Mishra.

Selain yang telah disebutkan di atas, pastikan Anda tetap minum cukup setiap hari. Asupan air yang cukup berfungsi untuk merehidrasi dan baik untuk sistem kekebalan tubuh.

3 dari 3 halaman

5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.