Sukses

6 Ikon Dunia Fesyen yang Meninggal pada 2020

Dari Barli Asmara, sampai desainer favorit David Bowie, berikut sejumlah ikon dunia fesyen yang meninggal dunia di tahun 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan segala peristiwa tak terprediksi, 2020 berhasil dilewati. Catatannya sendiri mulai dari pandemi COVID-19 sejak Maret, hingga kabar duka dari dunia fesyen yang sambung-menyambung menambah nestapa tahun lalu.

Meninggalnya sejumlah ikon dunia fesyen ini tentu tak hanya meninggalkan kesedihan bagi keluarga dan orang-orang terdekat, namun juga para pecinta rancangan mereka. Apalagi, kepergian beberapa di antaranya dianggap begitu mendadak.

Berikut beberapa ikon dunia fesyen yang meninggal sepanjang 2020, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 1 Januari 2021.

1. Barli Asmara

Masih jelas teringat bagaimana kesedihan dan apresiasi mengiringi kepergian desainer kenamaan asal Indonesia, Barli Asmara. Ia meninggal dunia pada 27 Agutus 2020 sekitar pukul 13.30 WIB dalam usia 42 tahun.

Desainer kelahiran Bandung ini memulai karier di dunia mode pada 2000. Ia pun dikenal sebagai desainer yang kaya akan inovatif. Dari serentet prestasi yang ditorehkan, Barli pernah mengharumkan nama Indonesia lewat penampilan karyanya di New York Fashion Week 2018.

2. Kenzo Takada

Desainer Jepang yang berbasis di Paris, Kenzo Takada, meninggal dunia di Paris, Prancis pada 4 Oktober 2020 karena komplikasi COVID-19. Takada adalah desainer yang dikenal karena menciptakan rumah mode mewah, Kenzo.

Pada 1970, sang desainer "mengguncang" Paris dengan debut lini fesyen miliknya. Desain yang merupakan percampuran simpang siur antara warna terang dan desain cetakan saling beradu itu terinspirasi dari perjalanan Takada ke berbagai negara di dunia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Dylan Sada

Kabar duka kepergian Dylan Sada pun sempat mengejutkan publik Indonesia. Dylan sendiri merupakan model yang meniti karier di Amerika Serikat. Pemilik nama lengkap Aldila Wulandari Kusumashanty Pranadjaja ini meninggal dunia pada 9 November 2020 pagi, waktu Amerika.

4. Stella Tennant

Salah satu model terkenal asal Inggris, Stella Tennant, meninggal dunia pada usia 50 tahun. Perempuan yang lahir di dalam keluarga bangsawan Skotlandia ini meninggal pada 22 Desember 2020, lima hari setelah ulang tahunnya yang ke-50.

Penampilan tak konvensional dan androgini membantunya masuk ke dunia mode pada 1990-an. Ia pun sempat jadi wajah baru Chanel dan menghiasi sampul majalah mode di seluruh dunia.

 

3 dari 4 halaman

5. Kansai Yamamoto

Kansai Yamamoto, desainer andalan David Bowie dalam aksi panggungnya, meninggal dunia pada 21 Juli 2020, dalam usia 76 tahun. Yamamoto didiagnosa menderita leukemia myeloid akut pada Februari 2020 dan telah dirawat di rumah sakit sejak itu.

Semasa hidupnya, Yamamoto adalah seorang desainer yang memiliki pengaruh besar pada industri fesyen tahun 80-an. Keunikan rancangannya telah membawa Yamamoto jadi penata kostum David Bowie, serta berteman dengan Elton John dan Stevie Wonder.

6. Pierre Cardin

Perancang busana Prancis, Pierre Cardin, meninggal dunia di usia 98 tahun pada 29 Desember 2020. Kabar tersebut disampaikan lewat cuitan akun Academy of Fine Arts Prancis, meski penyebab kematian Cardin tidak disebutkan.

Cardin lahir pada 1922 di San Biagio di Callalta, sebuah kota kecil yang terletak tak jauh dari Venesi, dengan nama Pietro. Keluarganya kemudian pindah ke Prancis untuk menghindari paham fasisme di Italia. Sejak saat itu, namanya berubah jadi Pierre Cardin.

Karier Cardin bermula ketika dirinya bekerja membuat kostum dalam film Beauty and the Beast yang diproduksi Jean Cocteau. Pada 1946, ia pun sempat sebagai penjahit untuk Christian Dior. (Melia Setiawati)

4 dari 4 halaman

Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.