Sukses

5 Rempah Nusantara yang Bermanfaat Menurunkan Kolesterol

Dari kunyit hingga ketumbar, jadi contoh rempah Nusantara yang dapat membantu turunkan kolesterol jahat.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan rempah-rempah tak dapat dilepaskan dari salah satu kekayaan alam Nusantara. Jenisnya yang beragam tentu memiliki rasa, aroma, hingga mengandung manfaat yang baik bagi tubuh.

Membantu menurunkan kolesterol menjadi satu di antara berbagai manfaat rempah. Upaya tersebut juga sudah seharusnya didukung dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Sebut saja dengan menjaga tingkat kolesterol tetap stabil juga menurunkan kolesterol dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga. Lantas, apa saja rempah-rempah Nusantara tersebut? Simak rangkuman berikut ini.

1. Kunyit

Kunyit tentu akrab sebagai salah satu bumbu dapur. Rempah ini dapat jadi penyedap masakan juga bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan curcumin di dalamya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Curcumin turut dapat mencegah oksidasi dan menekan penumpukan plak pada arteri. Tak hanya jadi bumbu, Anda juga dapat memanfaatkan rempah ini sebagai minuman, seperti jamu kunyit asam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ketumbar

Ketumbar kerap dimanfaatkan meningkatkan cita rasa masakan. Lebih dari itu, rempah ini juga memiliki efek diuretik yang dapat mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh lewat ginjal.

Anda dapat mengonsumsi air rebusan biji ketumbar untuk mengambil manfaatnya. Caranya dengan merebus segelas air dan dua sendok biji ketumbar yang sudah ditumbuk. Saring dan minum dua kali sehari.

3 dari 4 halaman

3. Ginseng

Ginseng memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Jika mengonsumsi ginseng secara rutin, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, ginseng juga dapat mengurangi penebalan pada pembuluh darah.

4 dari 4 halaman

4. Jahe

Jahe bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada jahe dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Anda bisa menyeduhnya sebagai wedang jahe dengan tambahan madu.

5. Akar Manis

Akar manis menjadi salah satu rempah yang cukup potensial sebagai obat herbal penurun kolesterol jahat berkat kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Untuk memanfaatkan rempah manis, Anda bisa memotong akar manis dan merendamnya dalam air panas sekitar 5 menit. Campurkan madu sebagai pengganti gula, lalu konsumsi sehari sekali.

Indonesia memiliki beragam rempah asli dengan beragam manfaat yang luar biasa. Maka tak heran jika menilik sejarah, duhulu mencari rempah-rempah menjadi motivasi bangsa Eropa untuk berdagang hingga ke Indonesia.

Berangkat dari hal itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menghadirkan program Jalur Rempah. Lantas, seperti apa Jalur Rempah ini? Menurut Kemendikbud program Jalur Rempah ini dapat merekonstruksi perdagangan rempah di tanah air yang telah berlangsung sejak lama.

Program Jalur Rempah ini pun diharapkan bisa menjadi platform yang bisa menumbuhkan kebanggaan akan jati diri daerah-daerah di Indonesia. Selain itu, dengan program Jalur Rempah interaksi budaya antar daerah, pulau dan bangsa dapat diperkuat jejaringnya.

Dengan begitu, program ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan warisan budaya Jalur rempah untuk pembangunan berkelanjutan. Pengembangan program Jalur Rempah ini pun tak berhenti sampai di situ saja.

Kemendikbud juga berencana mengajukannya sebagai warisan dunia ke UNESCO. Hal ini karena dengan mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai warisan dunia, maka dapat membantu memperkuat diplomasi Indonesia, sekaligus meneguhkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam program ini tercatat ada 20 titik awal rekonstruksi Jalur Rempah di Indonesia. Titik-titik Jalur Rempah tersebut tersebar dari Raja Ampat hingga Mandeh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.