Sukses

Hati-Hati, 7 Kesalahan Make up Ini Malah Bikin Wajah Jerawatan

Liputan6.com, Jakarta Untuk tampil cantik dan menawan para wanita gemar menggunakan make up. Mereka bahkan menyediakan budget khusus untuk membeli peralatan make up dan produk-produk terkenal. Namun, produk make up yang populer saja tidak cukup lho, ladies harus tahu cara make up yang benar dan aman.

Kebiasaan menggunakan make up dengan tidak benar akan menimbulkan masalah kulit, salah satunya jerawat. Ini masalah kulit yang mengganggu penampilan dan bikin kepercayaan diri para wanita berkurang. Berikut ini beberapa kesalahan make up yang dapat membuat wajah kamu jerawatan.

1. Aplikasi Make up dengan Jari

Sebagian besar wanita tanpa sadar melakukan hal ini. Bahkan mereka terkadang lupa mensterilkan tangan terlebih dahulu. Hindari menggunakan tangan karena bisa ada kuman yang bersarang di sana. Jika kamu menggunakan kuas atau spons, pastikan untuk rajin membersihkannya agar tetap bersih dan terhindar dari kuman.

2. Tidak Menggunakan Pelembab

Untuk melindungi kulit wajah dan menghasilkan make up yang lebih baik, biasakan menggunakan pelembab. Pelembab akan membuat wajah tampak lembab dan halus serta terhindar dari masalah kekeringan.

3. Menggunakan Foundation yang Salah

 

Untuk merias wajah pastikan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Karena foundation yang tersedia untuk berbagai jenis kulit yang berbeda, kulit kering, normal maupun berminyak. Pilih foundation dengan label non-comedogenic (tidak menimbulkan komedo), tidak menyebabkan alergi, dan mineral-based sehingga mengurangi iritasi kulit atau penyumbatan pori-pori.

4. Menutupi Jerawat dengan Foundation Tebal

Hindari kebiasaan ini yang justru menyebabkan jerawat makin meradang, tidak kunjung sembuh, dan bahkan bisa memperparah iritasi. Ketika udara tidak bisa bersentuhan dengan kulit, jerawat justru tidak cepat sembuh. Kamu malah menghambat kulit untuk bernapas.

2 dari 2 halaman

5. Pakai Peralatan Make up yang Kotor

Tidak menggunakan tangan untuk make up sudah sangat tepat. Tapi kalau peralatan make up yang dipakai jarang dibersihkan hasilnya akan sama saja, peralatan jadi sarang kuman. Jika digunakan akan berpotensi membuat wajah berjerawat. Sebaiknya peduli dengan barang-barang yang kerap kamu gunakan dan rajinlah untuk membersihkan peralatan make up. Barry Ritonga, salah satu make up artis papan atas Tanah Air mengatakan bahwa higienitas itu harga mati. Harus membersihkan alat-alat make up sehabis menggunakannya.

"Terlebih sebagai make up artis, alat-alat make up berpindah dari satu wajah ke wajah yang lain. Semua peralatan sebelum dipakai harus dalam keadaan bersih dan steril, setelah selesai make up pun harus segera dicuci supaya kuman tidak berkembang biar," ujar Barry Ritonga dalam sebuah kelas Virtual di acara Pesta Rakyat Simpede 2020 beberapa waktu lalu.

6. Pakai Kosmetik Kadaluarsa

Setiap produk kosmetik punya tanggal kadaluarsa. Jadi, kalau kamu ingin wajah kamu bebas dari jerawat, jangan pernah menggunakan produk make up wajah yang sudah kadaluarsa. Kosmetik yang kadaluarsa bisa jadi kandungannya berubah menjadi bersifat toxic alias beracun. Salah satu ciri kosmetik kadaluarsa yang perlu kita sadari yaitu dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah.

7. Jarang Membersihkan Make up di Malam Hari

Malam hari adalah waktu sempurna bagi kulit untuk mengistirahatkan diri sekaligus meregenerasi sel-sel kulit sehingga tetap cantik dan awet muda. Tapi jika kamu tak pernah membersihkan makeup malam hari sebelum tidur, jangan heran jika wajah mudah berjerawat dan bahkan semakin keriput.

Lakukan secara benar dengan menggunakan cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil, atau micellar water untuk membersihkan make up yang menempel di wajah. Selanjutnya kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah untuk benar-benar mengangkat sisa-sisa make up.

Yuk, mulai sekarang bermake up dengan cara yang benar agar wajah menjadi lebih cantik dan bebas masalah jerawat.        

 

(*)