Sukses

Inspirasi Desain Rumah Mungil Bergaya Skandinavian yang Minimalis

Liputan6.com, Jakarta - Gaya Skandinavian kian digemari sebagai gaya desain interior ketika akan mewujudkan rumah idaman. Gaya yang muncul awal abad 20 ini dikenaal dengan beberapa ciri khas, sebut saja dominasi warna netral dan lembut hingga jendela dengan bukaan cukup besar, guna memaksimalkan penerangan alami.

Selain itu, ada pula penggunaan elemen kayu yang memberi sentuhan kehangatan. Gaya Skandinavian turut terintegrasi dengan lingkungan sekitar, ramah lingkungan, serta penggunaan furnitur sederhana yang menekankan pada fungsionalitas.

Anda dapat melihat desain rumah mungil yang berada di Yogyakarta rancangan Ruangan Asa yang menggunaka gaya Skandinavian minimalis yang dapat membuat hunian kian apik. Yuk, simak inspirasinya seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

Courtyard dan Pintu Kaca Tinggi

 

Ciri dari gaya interior Skandinavian adalah bukaan jendela yang relatif besar sebagai sumber masuknya penerangan alami cahaya matahari. Desain rumah mungil ini menerjemahkan gaya tersebut dengan cara membuat taman di tengah rumah (courtyard).

Courtyard dilengkapi jendela serta pintu kaca besar di berbagai sisi ruangan, yang menyuplai masuknya cahaya matahari ke ruangan di sekitarnya. Area ini dapat diakses melalui pintu kaca geser yang memberikan privasi tanpa menghalangi sumber cahaya. Segarnya lagi, hamparan rerumputan hijau menyejukkan pandangan dari ruang kerja yang menghadap taman di tengah rumah mungil.

2 dari 5 halaman

Warna Pastel nan Lembut

Warna pastel nan lembut menjadi warna pilihan untuk mewujudkan desain rumah mungil Skandinavian yang lebih berwarna. Warna pastel biru muda yang lembut menjadi pemisah visual antara ruang tamu dan area kerja yang berada di satu area.

Selain dari segi warna, terlihat juga penggunaan perabotan yang lebih bersifat fungsional, ramping. Sekali lagi, didominasi oleh warna-warna netral yang lembut sebagai salah satu ciri khas gaya Skandinavian.

3 dari 5 halaman

Kayu dan Elemen Alam yang Hangat

Ada karakter khas dari gaya desain interior Skandinavian berikutnya yang dapat ditemukan dalam desain rumah mungil ini. Penggunaan material kayu dan elemen alam lainnya memberikan rasa hangat dan nyaman.

Elemen-elemen alam ini muncul dalam berbagai rupa dan bentuk yang apik. Mulai dari pintu masuk terbuat dari kayu yang disusun dengan pola garis vertikal dan horizontal yang memberikan tampilan berbeda.

Elemen alam lainnya hadir dalam bentuk pot bunga yang dilapisi oleh anyaman tali rami lengkap dengan bunga-bunga nan cantik di dalamnya. Selain itu, hiasan dinding yang berada di atas sofa terbuat dari rajutan rotan yang memperkuat kesan alam yang hangat dalam ruangan.

4 dari 5 halaman

Elemen Bangunan yang Tidak Biasa

Untuk membuat hunian ini terasa lebih nyaman dan menawan, sang desainer dan pemilik rumah memberikan beberapa sentuhan berbeda pada elemen-elemen bangunan. Salah satunya adalah dengan memasang jendela kaca putar yang berukuran relatif cukup besar hampir setinggi langit-langit ruangan. Penggunaan jendela kaca besar seperti ini bukanlah hal yang umum ditemukan dalam sebuah hunian pribadi.

Selain jendela kaca putar berukuran besar, elemen bangunan lain yang membedakan hunian ini dengan hunian lainnya adalah penggunaan jendela kaca bundar. Fungsi utama jendela kaca ini adalah untuk memastikan cahaya matahari dapat masuk dan menerangi ruangan yang ada.

Bentuknya yang bundar menyerupai jendela kapal menjadikannya sesuatu hal yang berbeda dan membuatnya lebih unik. Material alam yang sengaja menonjolkan tekstur aslinya menjadi focal point yang menarik dalam rumah minimalis Skandinavian.

Rumah ini juga lebih berkreasi dengan menambahkan warna pastel biru muda mendobrak ciri khas gaya Skandinavian yang didominasi warna putih. Ditambah, pemilihan furnitur pula menunjang gaya Skandinavian yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: