Sukses

Setop Konsumsi Karbohidrat Usai Makan Siang Bisa Turunkan Berat Badan?

Versi karbohidrat yang lebih sehat tidak menyebabkan penambahan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta -  Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Mengurangi asupan karbohidrat adalah salah satu hal pertama yang dilakukan kebanyakan orang. Karbohidrat sering dijadikan musuh karena membuat berat badan mudah naik, sehingga kebanyakan solusi diet tidak menyertakan karbohidrat.

Salah satu yang paling umum adalah menghindari karbohidrat setelah makan siang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, tidak benar sepenuhnya menghindari karbohidrat, karena zat gizi itu membantu menjaga kesehatan pencernaan kita dan menyediakan energi. Tanpanya, penurunan berat badan menjadi impian yang jauh.

Dilansir Times of India, 2 Oktober 2020, karbohidrat adalah makronutrien penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk menghasilkan energi. Saat memikirkan karbohidrat, kita kebanyakan fokus pada pasta, nasi, atau roti.

Padahal, terdapat sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Versi karbohidrat yang lebih sehat tidak menyebabkan penambahan berat badan. Pada gilirannya, mereka meningkatkan kesehatan usus dan membantu pergerakan usus dengan mudah.

Konsep membatasi karbohidrat setelah pukul tiga sore bukanlah hal baru. Menurut beberapa teori, mengonsumsi karbohidrat menjelang waktu tidur tidak memberi tubuh kita banyak waktu untuk mencerna makanan. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Masalah Karbohidrat

Jadi, semua karbohidrat yang tersisa diubah menjadi lemak saat Anda tidur. Namun ini sama sekali tidak benar, karbohidrat diubah menjadi glukosa, yang digunakan sebagai energi untuk menjalankan fungsi tubuh saat Anda tidur.

Masalah sebenarnya bukanlah karbohidrat, tetapi berapa banyak karbohidrat yang Anda konsumsi pada suatu waktu. Jika Anda makan sesuatu dalam jumlah banyak, itu akan memiliki beberapa efek samping, tidak peduli seberapa sehatnya itu. 

Sampai saat ini, belum ada bukti kuat yang mendukung bahwa menghindari karbohidrat setelah makan siang atau pukul tiga sore dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.