Sukses

Mana yang Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan, Teh Hijau atau Kopi Hitam?

Liputan6.com, Jakarta - Teh hijau dan kopi hitam banyak dikonsumsi banyak orang di belahan dunia. Dua minuman tersebut bisa dimanfaatkan bagi mereka yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Kedua minuman tersebut merupakan alternatif yang lebih sehat untuk teh dan kopi. Mereka mengandung lebih sedikit kalori dan lebih banyak nutrisi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran lemak. Selain itu, minuman yang biasa disajikan hangat ini memiliki khasiat lain yang bisa meningkatkan kesehatan, dilansir dari laman Times of India, Rabu, 16 September 2020.

Teh hijau mengandung kafein dan sejenis flavonoid yang disebut katekin. Katekin adalah sejenis antioksidan. Studi menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu mempercepat metabolisme, sementara katekin diketahui efektif memecah lemak berlebih di tubuh.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 2010, mengungkapkan bahwa suplemen teh hijau dapat berdampak positif pada orang yang mencoba menurunkan berat badan dan mengatur berat badan. Teh hijau dianggap aman dikonsumsi, tetapi dosis hariannya tidak boleh lebih dari dua hingga tiga cangkir.

Memang benar bahwa teh hijau aman dan sehat, tetapi mengandung sejumlah kafein. Jadi, asupan kafein yang berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan masalah tidur dan berbahaya bagi orang yang menderita masalah jantung.

Teh hijau tidak hanya baik untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan, tetapi juga dapat dikonsumsi saat mencoba untuk tetap sehat. Teh mengandung Vitamin B, folat, magnesium, dan flavonoid, yang dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan termasuk mengurangi kolesterol, meningkatkan fungsi jantung, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, dan mengelola diabetes tipe dua.

Kopi hitam adalah minuman populer lainnya yang disukai kebanyakan orang ketika mereka mencoba menurunkan berat badan. Sama seperti teh hijau, kopi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa seperti meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan risiko diabetes tipe dua.

2 dari 3 halaman

Olaharaga dan Perubahan Gaya Hidup

Kopi hitam adalah versi kopi tradisional yang lebih sehat karena tidak harus ditambah dengan krim dan gula. Ini sebagian besar disukai oleh orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan mungkin memiliki beberapa efek kesehatan yang negatif.

Kopi hitam mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas metabolisme dan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh. Aktivitas metabolisme yang tinggi dapat menekan rasa lapar dan mencegah Anda mengunyah makanan yang tidak sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan laju metabolisme Anda sebesar tiga hingga 11 persen.

Kopi hitam sarat dengan nutrisi dan antioksidan. Ini mengandung Vitamin B2, B3, B5, Mangan, kalium dan magnesium. Asupan kopi hitam secara teratur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kinerja selama latihan. Namun, bila dikonsumsi lebih dari dua cangkir kopi hitam dalam sehari bisa berbahaya bagi kesehatan.

Ada beberapa bukti yang membuktikan bahwa kedua minuman itu efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak banyak bedanya. Tetapi bila menyangkut kesehatan secara keseluruhan, maka teh hijau lebih bermanfaat daripada kopi hitam. Teh hijau kaya akan antioksidan dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang sudah terbukti.

Namun, baik teh hijau dan kopi hitam tak perlu dikonsumsi secara berlebihan, tap harus dikonsumsi secukupnya. Selain itu, penurunan berat badan adalah hasil dari makan makanan yang sehat dan melakukan olahraga yang intens. Anda tidak bisa menurunkan berat badan hanya dengan minum teh hijau atau kopi hitam, tapi  juga harus membuat perubahan gaya hidup. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: