Sukses

Samarkan Mata Bengkak dan Kerutan di Wajah dengan Teh Hijau

Liputan6.com, Jakarta Daun teh yang tidak dibiarkan berfermentasi sama sekali disebut teh hijau. Salah satu keuntungan mengonsumsi teh hijau setiap hari adalah dapat membuat kulit dan rambut bersinar.

Dikutip The Health Site, teh hijau termasuk minuman sehat yang hampir tidak mengandung kalori, asalkan tidak ditambah gula. Tanaman satu ini memilik banyak manfaat karena memiliki sifat anti-penuaan, antioksidan, anti-mikroba, anti-inflamasi.

Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kecantikan yang bisa diaplikasikan dengan diminum maupun dioleskan. 

1. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Teh hijau mengandung kafein yang membantu mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi bengkak. Teh hijau juga mengecilkan pelebaran pembuluh darah di bawah mata dan menghilangkan lingkaran hitam.

Untuk meraih manfaarnya, cobalah rendam dan dinginkan beberapa kantong teh dan letakkan di atas mata selama 15 menit.

2. Membantu melawan jerawat

Minuman ini kaya antioksidan yang dapat membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah. Teh hijau memungkinkan Anda melawan efek radikal bebas. Asupan yang teratur juga menekan produksi sebum dan mengurangi peradangan, yang merupakan pemicu munculnya jerawat.

Kandungan di dalam teh hijau bersifat antibakteri, yang melawan bakteri penyebab jerawat dan mengatur kadar hormon tubuh untuk mencegah jerawat kistik. Cobalah mengoleskan teh hijau secara topikal pada kulit untuk mendapatkan manfaatnya.

 

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi garis halus dan kerutan

 

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat menetralkan efek merusak dari radikal bebas. Kulit kendur, bintik-bintik penuaan, garis-garis halus dan kerutan seringkali merupakan akibat dari radikal bebas.

Antioksidan dan sifat anti-inflamasi teh hijau membantu menghaluskan kerutan dan garis-garis halus. Rendam daun teh hijau, haluskan, campur dengan madu. Oleskan masker ini ke wajah Anda dan bersihkan setelah 15 menit dengan air dingin.

4. Pertolongan untuk kulit terbakar

Anda harus mengoleskan teh langsung ke area yang terbakar. Seduh secangkir teh hijau dan biarkan dingin. Rendam bola kapas di dalamnya dan oleskan wajah Anda dengannya. Antioksidan menawarkan perlindungan terhadap sinar ultraviolet matahari yang berbahaya.

Asam tanat, teobromin, dan polifenol dalam minuman ini menenangkan dan menyembuhkan kulit yang terbakar matahari. Di saat yang sama, EGCG dalam teh hijau mencegah kanker kulit dengan cara menghambat gen yang menyebabkan peradangan.

 

3 dari 4 halaman

5. Bagus untuk rambut

 

Anda dapat membilas rambut dengan minuman ini untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menghilangkan gatal pada kulit kepala dan ketombe.

Tanin dalam teh hijau mengurangi minyak pada kulit kepala dan rambut serta panthenol dan vitamin C dan E mengatur kondisi rambut Anda. Minuman ini juga melindungi rambut dari pencemaran lingkungan seperti debu dan asap rokok.

4 dari 4 halaman

Simak juga video menarik berikut