Sukses

15 Manfaat Teh Hijau: Tinggi Zat Antioksidan, Bikin Langsing, hingga Cegah Kanker

Dengan meminum teh hijau secara rutin maka kamu bisa terhindar dari penyakit kronis hingga terjadinya penurunan berat badan yang signifikan.

Jakarta Teh hijau sudah lama tersohor sebagai jenis teh super sehat. Penyebabnya karena teh ini tinggi kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein.

Well, seperti dirangkum Liputan6.com (12/6) berikut adalah beberapa manfaat teh hijau bagi tubuhmu.

Manfaat teh hijau untuk wajah

1. Mempercantik kulit wajah

Manfaat teh hijau yang utama untuk kacantikan wajah adalah bisa mempercantik kulit. Sebuah penelitian di tahun 2003 yang dilakukan oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau akan mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Mencegah penuaan

Manfaat teh hijau lain adalah mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan di kulit dan mempercepat terjadinya proses penyaan.

4. Mengobati jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini berguna untuk mengobati jerawat. Sebabnya katekin bersifat anti bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam ournal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

5. Bisa berfungsi sebagai toner kulit

Ternyata kamu bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner kulit, lho. Ya, manfaat teh hijau lainnya untuk kecantikan kulitmu adalah mampu menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan menghidrasi kulitmu.

Manfaat teh hijau untuk diet

Bagi kamu yang sedang menderita kegemukan, ternyata minum teh hijau secara teratur akan membantumu untuk menurunkan berat badan secara alami dan perlahan lho. Ini dia buktinya.

3 dari 5 halaman

6. Membantu memobilisasi lemak dari sel lemak

Manfaat teh hijau yang pertama untuk penurunan berat badan adalah memindah lemak yang ada di dalam sel lemak. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini bisa kamu dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

7. Meningkatkan pembakaran lemak

Kamu ingin lemakmu yang dibakar lebih banyak, terutama saat olahraga? Minumlah teh hijau. Ya, manfaat teh hijau lainnya adalah untuk meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika kamu sedang olahraga. Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Agar penurunan berat badan yang kamu jalani bisa berlangsung sukses, maka kamu perlu memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Dan kamu bisa mencapainya secara alami dengan bantuan teh hijau.

9. Membuatmu mengonsumsi lebih sedikit kalori

Manfaat teh hijau lainnya untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi nafsu makanmu. Sebab salah satu rahasia agar penurunan berat badan ini bisa berlangsung maksimal adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang kamu konsumsi.

10. Menghilangkan lemak abdominal

Lemak abdominal adalah jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan bersifat berbahaya. Sebab lemak ini terkait dengan munculnya peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa rutin minum teh hijau berguna untuk membakar lemak ini secara signifikan.

4 dari 5 halaman

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Setelah kamu mengetahui beberapa manfaat teh hijau untuk kecantikan dan penurunan berat badan, maka berikut adalah manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

11. Meningkatkan fungsi otak

Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine. Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat.

12. Menurunkan risiko kanker

Teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal ini memberi manfaat teh hijau untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Sebab diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus dan zat antioksidan dalam teh hijau mampu menangkalnya.

 

5 dari 5 halaman

13. Meningkatkan kesehatan oral

Kandungan katekin dalam teh hijau memberi manfaat teh hijau untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

14. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang menjadi epidemi saat ini. Namun jangan khawatir. Sebab kamu bisa menurunkan risiko diabetes dengan manfaat teh hijau. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah untuk terkena diabetes.

Baca juga info terkait di sini.

15. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke bisa kamu cegah dengan manfaat teh hijau. Sebab minum teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah yang kemudian berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi. Si peminum teh hijau pun memiliki risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular lebih rendah 31%.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan di dalam teh hijau secara maksimal, pastikan bahwa kamu menyeduhnya dengan benar serta tidak menambahkan gula ke dalam olahan teh hijau yang akan kamu minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini