Sukses

Omah Lowo di Solo Direstorasi Jadi Galeri Batik

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu warisan budaya Tanah Air, batik sudah sepatutnya untuk terus dilestarikan. Upaya mempertahankan batik telah dilaksanakan oleh berbagai pihak hingga saat ini, termasuk perusahaan Batik Keris.

Salah satu kabar baik yang disampaikan perusahaan ini adalah Omah Lowo yang direstorasi menjadi galeri batik bernama Rumah Heritage Batik Keris. Adapun bangunan ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1, Solo, Jawa Tengah.

Berdasarkan keterangan di akun Instagram @heritagebatikkeris, galeri batik ini akan diresmikan pada Jumat, 2 Oktober 2020. Momen tersebut sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional.

"Rumah Heritage Batik Keris yang berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No 1 Solo, adalah benang merah perjalanan Batik Keris sejak 1920," demikian keterangan yang tertulis di bio Instagram Heritage Batik Keris,

Sebelumnya, bangunan galeri ini dahulu lebih dikenal dengan sebutan Omah Lowo. Setelah direstorasi, Rumah Heritage Batik Keris tampak dicat dengan sentuhan serba putih. Di bagian depannya juga terdapat fountain yang juga didominasi dengan cat warna senada.

Di halaman galeri batik tersebut juga dihiasi dengan hijaunya rerumputan dan beragam bunga penuh warna. Tanpa meninggalkan kekhasan bangunan lama, terdapat pula deretan lampu gantung lawas di lorong galeri.

2 dari 3 halaman

Display Budaya Batik

Ketika memasuki bagian dalam galeri batik, kesan lawas dan modern berpadu apik. Furnitur hingga tata cahaya membuat nuansa begitu nyaman bagi pengunjung.

Rumah Heritage Batik Keris akan menjadi galeri yang menampilkan budaya batik dan pusat kerajinan Nusantara. Ragam batik nan autentik juga bakal ada di dalamnya.

"Rumah Heritage tersebut telah direnovasi menjadi sebuah Galeri Batik Keris. Ikuti terus perjalanan kami menuju Hari Batik Nasional 2 Oktober 2020," demikian keterangan yang tertulis dalam video singkat di Instagram @heritagebatikkeris lewat unggahan pada 18 September 2020 lalu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: