Sukses

10 Fobia Teraneh yang Mungkin Anda Miliki, Pernah Merasa?

Liputan6.com, Jakarta - Jadi hal wajar ketika manusia memiliki rasa takut pada sesuatu. Ketakutan ini bahkan dapat muncul pada waktu-waktu tertentu. Namun, bagaimana jadinya ketika ketakutan itu berubah jadi fobia?

Secara harfiah, fobia berarti ketakutan berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya. Dari sekian banyak, ada sederet fobia teraneh yang mungkin pernah Anda rasakan.

Lantas, apa saja jenis-jenis fobia aneh tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Wonderlist, Rabu, 23 September 2020, berikut ini.

1. Panphobia/Panophobia/Pantophobia/Omniphobia

Fobia ini adalah ketakutan non-spesifik karena kejahatan yang tidak diketahui. Fobia tersebut samar dan persisten, namun tidak terdaftar dalam referensi medis sebagai jenis fobia. Istilah fobia ini diciptakan Theodule Armand Ribot.

Ia mendefinisikannya sebagai keadaan orang yang tidak takut pada apa pun secara khusus. Karenanya, ketakutan melayang dari satu objek ke objek lain, berdasarkan keadaan. Dengan kata lain, fobia ini adalah ketakutan akan segalanya.

2. Somniphobia/Hypnophobia/Clinophobia

Fobia ini membuat penderitanya merasa takut tidur siang karena takut kehilangan kendali atau waktu. Penderitanya sering kali mimpi buruk karena terlalu cemas. Penyebab utama lain dari fobia ini adalah melihat orang lain dengan teror tidur.

3. Euphobia

Fobia ini muncul dari pengalaman mengecewakan seseorang. Mereka merasa cemas atau kecewa dengan kabar baik dan sering berada dalam kelompok orang yang hanya menunjukkan sikap negatif.

2 dari 4 halaman

4. Ablutophobia

Fobia iniadalah ketakutan irasional untuk mencuci, membersihkan, atau mandi untuk situasi tertentu. Ketakutan ini mungkin timbul karena trauma masa lalu, ketidakstabilan emosional, atau pengalaman menyusahkan.

5. Ortographobia

Penderitanya takut membuat kesalahan ejaan. Hal itu diturunkan dari kata Orthography yang berarti sistem ejaan konvensional suatu bahasa.

Orang dengan fobia jenis ini cenderung menderita keterampilan komunikasi tertulis yang buruk. Mereka juga merasa sulit mendapat nilai yang baik dalam makalah teori.

6. Deipnophobia

Fobia ini merupakan ketakutan terlibat dalam percakapan saat makan malam. Orang-orang sebenarnya tak malu-malu, tapi hanya kurang antusiasme untuk mengobrol pada waktu makan dalam kelompok.

7. Venustraphobia/Caligynephobia

Jika ingin melarikan diri ke arah yang berlawanan saat melihat orang asing yang cantik berjalan ke arah Anda, maka Anda adalah penderita Venustraphobia. Ada banyak orang punya ketakutan tak rasional dan berlebihan terhadap perempuan. Untungnya, kelompok pendukung dan terapi dapat membantu mengatasi kecanggungan sosial ini.

3 dari 4 halaman

8. Ergophobia

Ergophobia adalah ketakutan terus-menerus untuk bekerja atau mendapat pekerjaan. Hal ini timbul karena kecemasan kinerja atau fobia sosial.

Terkadang, penderitanya sendiri yang menyadari bahwa rasa takut itu tak rasional. Pemicunya bisa merupakan kombinasi dari kecemasan yang berbeda, baik itu emosional, psikologis atau fisiologis.

9. Nomophobia

Ketakutan ini dianggap modern. Biasanya penderita fobia ini merasakan takut akan kehilangan atau lupa dengan ponsel, kehabisan baterai, atau tak memiliki jaringan.

10. Phobophobia

Fobia ini adalah ketakutan irasional terhadap fobia. Orang yang menderita fobia umumnya hadir dengan firasat dan ketakutan mereka bahwa fobia akan terjadi. Hal ini juga dapat didefinisikan sebagai ketakutan mengembangkan beberapa bentuk fobia. (Vriskey Herdiyani)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: