Sukses

Wisata HUT RI 2020, Kunjungi Monumen Fatmawati Soekarno di Bengkulu

Fatmawati merupakan seorang tokoh pahlawan bangsa yang sangat berjasa dan selalu kita kenang di tiap HUT RI.

Liputan6.com, Jakarta -  Pandemi Corona memang belum juga reda. Namun bukan berarti kita tidak bisa memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 pada Senin (17/8/2020) besok. HUT RI 2020 memang agak berbeda.

Upacara dan perayaan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka diharap tetap akan berlangsung khidmat dengan jumlah tamu dan anggota Paskibraka yang terbatas.

Meski begitu kita bisa merayakannya dengan cara lain, seperti mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Salah satunya adalah Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Sukarno yang berlokasi di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Monumen yang jadi kawasan wisata terbaru di Bengkulu ini sempat diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum pandemi melanda Indonesia, tepatnya pada 5 Februari 2020. Peresmian patung tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun Fatmawati.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Komunukasi dan Infornatika RI, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Fatmawati merupakan seorang tokoh pahlawan bangsa yang sangat berjasa, baik kepada bangsa maupun negara.

"Ibu Fatmawati bukan hanya ibunya warga Bengkulu tapi juga seluruh rakyat Indonesia. Beliau selamanya akan dikenang karena visi dan pandangan beliau yang jauh ke depan," tutur Presiden saat meresmikan momumen tersebut di Bengkulu, 5 Februari 2020.

Atas jasa Ibu Fatmawati, menurut Presiden, bangsa Indonesia memiliki Bendera Pusaka Merah Putih, yang dijahit dengan tangan sendiri dan dipersiapkan sebelum Indonesia merdeka.

"Sebagai Ibu Negara Republik Indonesia yang pertama, Ibu Fatmawati selalu setia mendukung perjuangan Presiden Soekarno, selalu memberikan keteladanan tentang pentingnya pengorbanan, dan selalu menekankan pentingnya menjaga semangat, menjaga mimpi di tengah keterbatasan-keterbatasan yang ada," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karya I Nyoman Nuarta

Ia menambahkan, monumen itu jadi penanda bukti hormat atas perjuangan Ibu Fatmawati sekaligus untuk mengingatkan kita semua untuk meneladani sikap kenegarawanan Ibu Fatmawati serta memotivasi bangkitnya sikap-sikap kepahlawanan.

Monumen yang sangat indah ini merupakan karya salah satu maestro patung Indonesia, I Nyoman Nuarta. Ia merupakan perupa asal Bali yang mempersembahkan karyanya untuk masyarakat Bengkulu dan juga masyarakat Indonesia. Jokowi menitipkan kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk menjaga dengan baik monumen, merawat agar tidak rusak dan tidak lekang oleh waktu.

Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Sukarno berdiri kokoh di Simpang Lima Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Fatmawati menikah dengan Presiden Soekarno pada 1 Juni 1943 dan dikaruniai lima orang anak, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Pada era Presiden Abdurrahman Wahid, Fatmawati dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, melalui surat Keputusan Presiden RI No 118/TK/2000 tanggal 4 November 2000. Selain monumen, Fatmawati Soekarno juga dijadikan nama bandara di Bengkulu. Sedangkan rumah yang pernah ditempatinya dijadikan museum yang juga termasuk destinasi wisata bersejarah di Bengkulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.