Sukses

Jokowi Resmikan Monumen Fatmawati Soekarno di Bengkulu

Jokowi meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno di Kota Bengkulu, Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno di Kota Bengkulu, Sumatera. Jokowi membuka acara dengan mengungkapkan kerinduannya terhadap Kota Reflesia tersebut.

"Hari ini saya sangat senang dan berbahagia sekali karena bisa hadir kembali di Bengkulu, sudah lama sekali saya tidak ke sini, kangen," kata Jokowi saat pidato di Simpang Lima, Bengkulu, Rabu (5/2/2020).

"Dan sangat senang bisa berkumpul dengan Bapak-Ibu sekalian dalam rangka meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Fatmawati Soekarno, seorang tokoh pahlawan bangsa yang sangat berjasa, baik pada bangsa maupun negara," sambungnya.

Jokowi menuturkan, Fatmawati sebagai putri Bengkulu merupakan ibu bagi seluruh rakyat Indonesia. Istri Presiden Soekarno tersebut selamanya akan dikenang karena visi dan pandangannya yang jauh ke depan, serta jasanya kepada bangsa Indonesia yang bisa memiliki bendera pusaka merah putih.

"Yang dijahit oleh tangan beliau sendiri dan dipersiapkan sebelum Indonesia merdeka," ucap Jokowi.

Sebagai Ibu negara pertama, kata Jokowi, Fatmawati selalu setia mendukung perjuangan Presiden Soekarno dan selalu memberikan keteladanan tentang pentingnya pengorbanan, menekankan pentingnya menjaga semangat dan menjaga mimpi di tengah keterbatasan-keterbatasan yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Bukti Hormat

Monumen tersebut menjadi penanda bukti hormat kepada perjuangan Fatmawati. Ditambah, mengingatkan anak-anak generasi penerus bangsa untuk meneladani sikap kenegarawanan Fatmawati, memotivasi bangkitnya sikap sikap kepahlawanan, serta rela berkorban untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

"Monumen yang sangat indah ini karya salah satu maestro patung Indonesia, Pak Nyoman Nuarta rupa asal Bali yang mempersembahkan karyanya untuk masyarakat Bengkulu dan juga masyarakat Indonesia," tuturnya.

Kepala negara menitipkan pesan kepada masyarakat Bengkulu untuk menjaga merawat dan menjaga dengan baik monumen Fatmawati tersebut.

"Merawat agar tiada lekang oleh waktu sama seperti semangat Ibu Fatmawati yang tidak pernah luntur sampai kapan pun," pungkas Jokowi.

Reporter: M Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.