Sukses

Cerita Akhir Pekan: Brand-Brand Lokal yang Mendunia

Liputan6.com, Jakarta - Jika bicara soal brand lokal dan karya tersohor dari Tanah Air, apa yang seketika terlintas di benak Anda? Tak hanya punya nama besar, tetapi deretan karya anak bangsa tersebut memiliki kualitas apik dan tak kalah bersaing.

Di sisi lain, bukan rahasia pula Indonesia dikenal dengan kekayaan alam dan pemandangannya yang indah. Sudah sepatutnya kita bangga dengan beragam brand lokal, destinasi wisata, juga karya anak bangsa yang berhasil menembus pasar dunia.

Pencapaian ini tak ayal membawa nama besar, bahkan sukses jadi daya tarik di kancah internasional. Lantas, apa saja brand lokal dan karya yang telah mendunia? Simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Indomie

Kepopuleran mi instan produksi Indonesia ini memang tak terbantahkan. Dilansir dari laman resmi Indomie, mi instan ini awalnya berdiri secara sederhana pada era 70-an dan memproduksi mi instan goreng dan kuah dengan beragam rasa.

Sejak itu pula, Indomie kian berkembang dan telah memasuki pasar global. Mi instan ini hadir di berbagai negara, meliputi Australia, Kanada, Kroasia, Mesir, Hong Kong, Malaysia, Belanda, Selandia Baru, Nigeria, Arab Saudi, Taiwan, Turki, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Saking tersohornya, brand lokal ini turut dilibatkan dalam beragam kolaborasi. Salah satunya adalah custom sneakers Nike Air Jordan 1 berdesain logo mi instan ini yang dihadirkan oleh Mr. Simply Custom yang berbasis di Singapura dan Indonesia. Adapun konsep dan desain dari seorang ilustrator juga graphic designer asal Cirebon, Jawa Barat yakni arifwhy.

2 dari 5 halaman

2. Nihi Sumba

Nihi Sumba Island atau yang sebelumnya dikenal dengan Nihiwatu berada di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Hotel mewah ini sempat menyabet penghargaan sebagai Hotel Terbaik di dunia versi majalah Travel+Leisure pada 2016 dan 2017.

Resor yang dibuka pada 2015 tersebut pernah menjadi lokasi bulan madu aktris Hollywood Hollywood Jennifer Lawrence bersama suaminya, Cooke Maroney, pada November 2019. Sementara, Brody Jenner dan Kaitlynn Carter menikah di tempat ini pada 2018.

Dilansir dari laman resmi, harga termurah menginap di resor ini adalah tipe Kanatar senilai 895 dolar AS atau sekitar Rp13,3 juta, sedangkan yang termahal adalah tipe Raja Mendaka High Five Bedroom Estate seharga 17.445 dolar AS atau setara Rp260 juta per malam.

3 dari 5 halaman

3. Tex Saverio Prive

Nama desainer Indonesia, Tex Saverio telah malang melintang di jagat fashion Tanah Air juga dunia. Busana karyanya juga telah menembus kancah internasional, seperti ketika gaun koleksi Tex Saverio Prive dikenakan penyanyi Lady Gaga dalam pemotretan majalaah Harper's Bazaar pada 2011 lalu.

Selain itu, busana rancangannya juga dikenakan oleh Jennifer Lopez dalam video klip bertajuk El Anillo. Begitu pula gaun glamor yang dikenakan Jennifer Larence dalam poster The Hunger Games: Catching Fire juga hasil karya Tex Saverio.

4 dari 5 halaman

4. Karya Rinaldy Yunardi

Karya-karya fashion accessories Rinaldy Yunardi menjadi langganan yang menghiasi penampilan para pesohor dunia. Sebut saja headpiece bernuansa emas dan perak bermotif salib berbagai ukuran karyanya dikenakan oleh penyanyi Madonna dalam gelaran bergengsi dunia, Met Gala 2018.

 

Lalu, karyanya selanjutnya adalah caged mask dipakai oleh penyanyi Nicky Minaj dalam video klip bertajuk No Frauds feat. Drake dan Lil Wayne pada Juni 2018. Ada pula aksesori rancangannya, Cross Chandelier Earrings dikenakan Beyonce dalam video klip bersama sang suami, Jay-Z bertajuk Apes pada Juni 2018.

Juga topi baret bernuansa putih berkilauan rancangan Rinaldy dikenakan Katy Perry saat tampil di acara Ellen Show. "Bahan dasar yang digunakan itu kain dan kristal Swarovski. Proses pengerjaannya selama tiga minggu. Topi baret itu merupakan koleksi saya yang berada di Hong Kong," ungkap Rinaldy Yunardi saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (19/9/2019).

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: