Sukses

Bikin Ngiler, 4 Kuliner Nusantara yang Ada di Film Aruna dan Lidahnya

Film Aruna dan Lidahnya bisa ditonton lewat aplikasi dan situs streaming Vidio.

Liputan6.com, Jakarta - Aruna dan Lidahnya menjadi salah satu film yang wajib ditonton buat kamu para pencinta kuliner. Yup, film yang diadaptasi dari novel laris karya Laksmi Pamuntjak ini menyuguhkan cerita bertema makanan.

Film Aruna dan Lidahnya dibintangi Dian Sastrowardoyo, Hannah Al-Rasyid, Nicholas Saputra, dan Oka Antara. Bercerita tentang petualangan seorang gadis bernama Aruna, ia dan sahabat-sahabatnya punya hobi untuk mencicipi berbagai makanan khas Tanah Air. 

Di film ini, penonton akan dibawa untuk menjelajahi pengalaman menikmati kuliner otentik nusantara yang mengesankan, mulai dari kudapan khas Surabaya, Pamekasan, Pontianak, hingga Singkawang. Teknik pengambilan gambar serta sudut pandang yang apik pada makanan di film Aruna dan Lidahnya, dijamin bisa bikin ngiler. 

Berikut adalah empat makanan Indonesia yang muncul di film Aruna dan Lidahnya. Simak ulasannya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rawon Surabaya

Saat pertama kali tiba di Surabaya, Aruna dan sahabat-sahabatnya segera mencoba rawon sapi khas daerah tersebut. Dalam filmnya, ditampilkan ciri khas rawon hitam dari Surabaya berasal dari bumbu yang bernama kluwak.

Seporsi makanan ini berisi iga, tentu saja, juga kecambah yang disiram dengan kuah hitam pekat. Selain itu, ditambah sambal yang nampol, siapa bisa menahan diri untuk tak menyantap kuliner berkuah yang satu ini.

3 dari 5 halaman

2. Campor Lorjuk

Mungkin bagi sebagian orang, masih asing dengan kuliner bernama campor lorjuk. Seperti namanya, makanan khas Pamekasan, Madura ini berbahan dasar lorjuk.

Lorjuk sendiri merupakan sejenis kerang laut yang banyak ditemukan di kawasan pesisir laut Madura. Jika dilihat sesaat, campor lorjuk mirip seperti soto. Isinya terdiri dari irisan lontong, soun, tauge, remahan peyek, yang kemudian disiram kuah lorjuk.

4 dari 5 halaman

3. Kacang Kowa (Kacang Kuah)

Ketika punya kesempatan untuk jalan berdua dengan Farish, Aruna sempat mencicipi kuliner manis dan hangat bernama kacang kuah. Kudapan khas Surabaya ini terdiri dari kuah kacang yang ditambah dengan kembang tahu, disiram santan kental, dan dimakan dengan cakwe.

5 dari 5 halaman

4. Choi Pan

Saat mengunujungi Singkawang, Aruna dan Farish juga tak lupa mencoba kuliner khas daerah tersebut. Salah satunya adalah choi pan. 

Choi pan adalah penganan berbentuk setengah lingkaran yang gurih dan lembut dengan isi yang bermacam-macam, seperti bengkuang, talas, kucai, pepaya muda, dan talas. 

Choi pan bisa dimasak dengan cara digoreng atau dikukus. Biasanya, di atas choi pan ditaburi bawang putih goreng supaya menambah rasa nikmat.

Itu tadi sejumlah kuliner nusantara yang ada dalam film Aruna dan Lidahnya. Bagi kamu penggemar kuliner dengan berbagai makanan lezat Tanah Air, tentu saja nggak boleh melewatkan film ini.

Kamu bisa streaming film Aruna dan Lidahnya lewat aplikasi dan situs Vidio. Yuk, download aplikasi Vidio di ponselmu sekarang!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini