Sukses

Cerita Tragis Danau Piru, Lokasi Aktris Glee Naya Rivera Hilang

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari pemandangan memesona yang menarik sekian banyak turis datang mencicip sensasi berenang di alam, Danau Piru menyimpan cerita tragis. Nama danau di bagian selatan California, Amerika Serikat ini kembali mencuat setelah jadi lokasi aktris Glee, Naya Rivera, dilaporkan hilang.

Melansir laman People, Jumat (10/7/2020), danau terkungkung bukit ini sendiri sayangnya sudah jadi lokasi beberapa kasus tenggelam karena topografinya yang dijelaskan berbahaya. Menurut laporan Los Angeles, setidaknya ada tujuh orang tenggelam di Danau Piru pada 1994--2000.

Douglas West selaku Manajer Layanan Taman dan Lokasi Rekreasi Danau Piru pada laporan tahun 2000, ia menghitung lusinan kasus tenggelam selama bekerja di Danau Piru sejak 23 tahun lalu. Times melaporkan, kebanyakan korban tenggelam karena berenang ke area yang sudah dilarang.

"Satu-satunya yang bisa saya tekankan adalah bagi perenang, entah bisa berenang atau tidak, tetap harus menggunakan pelampung. Menaatinya akan menyalamatkan nyawa mereka," kata West pada koran lokal.

Ventura County Sheriff Sgt. Kevin Donoghue pun telah mengonfirmasi pada People bahwa sudah sebegitu banyak kasus tenggelam di lokasi terakhir pemain Glee itu terlihat. Rivera tercatat menghilang pada Rabu sore, 8 Juli 2020, saat melakukan perjalanan dengan perahu.

Aktris 33 tahun itu tercatat menyewa perahu ponton bersama putranya, Josey Dorsey, yang baru berusia 4 tahun, dan Naya Rivera hilang saat berenang. Pencariannya disebut Donoghue seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

"Pencarian di air sangat sulit," katanya. "Dalam beberapa kasus, biasanya kami membutuhkan waktu berhari-hari sebelum menemukan petunjuk atau menemukan target."

2 dari 3 halaman

Pencarian Sulit

Kondisi sulit di Danau Piru membuat pencarian bertambah susah. "Area permukaan danau sangat besar dan jarak pandang di bawah air begitu terbatas," ucap Donoghue.

Petugas taman setempat mencatat angin kuat, air dingin, dan kedalaman danau biasanya jadi sebab kasus tenggelam terjadi. "Area ini terkenal diterpa angin dalam kekuatan yang tak main-main," imbuh Donoghue.

Setelah waktu penyewaan perahu habis, yakni lebih dari tiga jam, staf danau menemukan perahu tersebut di bagian utara danau dengan Josey tertidur di dalamnya. Tak ada perahu lain di sekitar karena danau ini memang tak sebegitu ramai di hari kerja.

Pihak penyewa mengatakan sudah memberi arahan sebelum perahu berlayar di danau. Pencarian Rivera sendiri telah berubah dari misi penyelamatan jadi misi pencarian karena sang aktris diduga telah tewas. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: