Sukses

Sederet Aturan dan Kebiasaan Unik Ratu Elizabeth II Saat Mandi

Liputan6.com, Jakarta -  Sebagai pemimpin kerajaan, Ratu Elizabeth II tentu punya kekuasaan yang sangat besar. Namun dibalik kekuasaannya yang besar, sang ratu juga melakoni hidup yang penuh aturan. Bahkan untuk urusan mandi sekalipun.

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan oleh staf kerajaan dalam mempersiapkan 'ritual' mandi Ratu Elizabeth II. Hal itu diungkapkan oleh Brian Hoey, koresponden Daily Mail yang biasa menulis kehidupan Kerajaan Inggris.

Persiapan mandi sudah dimulai ketika nenek Pangeran William dan Harry itu bangun pagi. Pada pukul 07.30, para staf wajib menyalakan radio. Siaran yang didengarkannya adalah program politik 'Today' yang dipandu oleh John Humphrys di BBC Radio 4. 

Ratu biasanya menikmati program favoritnya sambil menyantap sarapan kecilnya. Untuk itu, staf akan menyajikan teh Earl Grey dan biskuit Inggris. 

Sewaktu sarapan disajikan, itu pertanda bagi para staf untuk mempersiapkan bak mandi Ratu. Sesuai permintaan Ratu, air tidak boleh dingin maupun terlalu panas.

"Untuk mendapatkan suhu yang tepat, pembantu Ratu Elizabeth akan mengujinya dengan termometer kayu dan tak boleh ada selisih jumlah air lebih dari tujuh inci (18 cm)," ungkap Brian.

2 dari 3 halaman

Mandi di Kereta

Urusan mandi saat traveling pun tak kalah pentingnya bagi Ratu, terutama ketika bepergian dengan Royal Train. Kereta ini termasuk salah satu transportasi andalan keluarga Kerajaan sejak 1840 dan masih digunakan sampai saat ini.

Di kereta, Ratu Elizabeth II akan mandi pada pukul 07.30 pagi. Pada jam tersebut, kereta harus berjalan lebih pelan agar Ratu bisa menikmati ritual mandinya.

Bukan hanya Ratu Elizabeth II, ternyata Pangeran Charles juga punya aturan tersendiri yang harus diikuti setiap akan mandi.

Putra sulung Ratu Elizabeth II ini biasanya menginginkan temperatur air mandi yang suam-suam kuku. Selain itu, para pelayan juga harus memastikan bahwa posisi penyumbat dalam bathtub sudah sesuai dengan aturan Pangeran Charles.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :