Sukses

Sarapan Roti Isi Telur dan Salami ala Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti membagikan cara membuat sarapan yang ia buat untuk keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Susi Pudjiastuti kembali membagikan aktivitas pagi di kediamannya di kawasan Pangandaran, Jawa Barat. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014--2019 ini menyebut tidak dapat ke laut karena mengalami cedera ligamen.

Maka dari itu, Susi di rumah saja dan menyiapkan sarapan untuk anak dan cucu. Bosan sarapan dengan roti dan mentega, ia menyiasati sajian yang berbeda yakni roti isi beef salami, telur, dan ditambah keju mozarella.

Aktivitas menyiapkan sarapan itu diabadikan dalam IG TV di akun Instagram pribadi Susi Pudjiastuti. Video berdurasi tiga menit dan 42 detik itu diunggah pada 29 Juni 2020.

Persiapan dimulai dengan memotong roti tipis-tipis yang diletakkan di atas wadah memanjang. Berlanjut dengan mencuci beef salami dengan air hangat sebanyak dua kali, lalu dipotong menjadi dua bagian.

Beef salami yang sudah dipotong itu lalu ditaruh di atas roti. Susi lantas terlihat membuka satu telur dan meletakkan potongan-potongan keju mozarella di atasnya.

Susi juga menyampaikan roti dapat dibuat sesuai selera. Ia menyebutkan sederet opsi, seperti taburan bawang putih, tomat, hingga sayur-sayuran.

Setelah siap, roti dengan segala bahan tadi dapat dipanggang selama tujuh menit. "Ini tujuh menit telurnya matang, kalau suka setengah matang, lima menit saja," kata Susi Pudjiastuti dalam video.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masak Bareng Cucu

Ini bukan kali pertama Susi Pudjiastuti memperlihatkan beragam kegiatannya saat di dapur. Salah satunya adalah saat ia mengunggah momen ketika masak ikan layur bersama cucunya, Malika.

Momen ini diabadikan Susi dalam video yang diunggah melalui channel YouTube miliknya pada Minggu, 17 Mei 2020. Video diawalinya dengan memperkenalkan deretan jenis ikan hasil tangkapan pancing para nelayan di Pangandaran, satu di antaranya ikan layur.

"Ikan layurnya kita bersihkan. Layur tidak punya sisik. Nah, kita potong-potong 5 cm nanti kita bakar setelah bakar kita masukkan ke dalam bumbu dan yang sudah kita beri santan," kata Susi dalam video.

Ia lantas memperlihatkan bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah sajian ikan layur. Bumbunya terdiri atas bawang merah, lengkuas, jahe, bawang putih, cabai, garam serta daun salam.

"Ini ada sohun saya suka setelah disantan dikasih sohun sedikit. Ikan layur setelah selesai dibakar nanti kita buat bumbu-bumbu dulu baru kita celupkan," tambahnya.

Susi memanaskan minyak dan memasukkan bumbu dari bahan-bahan yang telah diulek sebelumnya. "Karena saya suka pedas jadi selain yang diulek cabainya, pasti ada cabai yang bijian," ungkapnya.

"Nah, kita masukkan santannya, simpel sekali. Kalau tidak suka terlalu kental bisa tambah air, tapi karena ada sohunnya jadi saya suka agak kental sedikit. Kita tunggu mendidih lalu nanti ikannya masukkan tunggu sebentar ya," jelas Susi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.