Sukses

Momen Susi Pudjiastuti Memasak Ikan Layur Bareng Cucu

Susi Pudjiastuti memperlihatkan aktivitasnya saat memasak ikan layur.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014--2019, Susi Pudjiastuti, melaksanakan beragam kegiatan bersama keluarga selama pandemi corona Covid-19. Salah satunya memasak bareng cucunya, Malika.

Momen ini diabadikan Susi dalam video berdurasi 12 menit dan 12 detik yang diunggah melalui channel YouTube miliknya pada Minggu, 17 Mei 2020. Video diawalinya dengan memperkenalkan deretan jenis ikan hasil tangkapan pancing para nelayan di Pangandaran, satu di antaranya ikan layur.

"Ikan layurnya kita bersihkan. Layur tidak punya sisik. Nah, kita potong-potong 5 cm nanti kita bakar setelah bakar kita masukkan ke dalam bumbu dan yang sudah kita beri santan," kata Susi Pudjiastuti dalam video.

Ia lantas memperlihatkan bahan-bahan yang digunakan untuk mengolah sajian ikan layur. Bumbunya terdiri atas bawang merah, lengkuas, jahe, bawang putih, cabai, garam serta daun salam.

"Ini ada sohun saya suka setelah disantan dikasih sohun sedikit. Ikan layur setelah selesai dibakar nanti kita buat bumbu-bumbu dulu baru kita celupkan," tambahnya.

Susi memanaskan minyak dan memasukkan bumbu dari bahan-bahan yang telah diulek sebelumnya. "Karena saya suka pedas jadi selain yang diulek cabainya, pasti ada cabai yang bijian," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masak Bersama

Setelah itu, ia memasukkan lengkuas, jahe, dan cabai. "Nah, kita masukkan santannya, simpel sekali. Kalau tidak suka terlalu kental bisa tambah air, tapi karena ada sohunnya jadi saya suka agak kental sedikit. Kita tunggu mendidih lalu nanti ikannya masukkan tunggu sebentar ya," jelas Susi.

Tak berapa lama, cucunya, Malika menghampiri sang nenek yang tengah memasak. Ia pun lantas menyapa hangat sang cucu. "Nah, Malika mau bantu Uti masak ya?" tanya Susi.

Saat memasukkan ikan ke dalam bumbu, ia kembali bertanya kepada Malika. "Ikannya kita masukkin, Malika mau masukin enggak? Jangan dilempar harus pelan-pelan, nanti minyaknya kena Malika," kata Susi.

Lalu, ia menambahkan garam karena dirasa kurang asin. Kemudian, baru setelah mendidih dimasukkan sohun. Menjelang akhir video, Susi memasukkan santapan ikan layur yang telah matang ke dalam mangkuk.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini