Sukses

Inspirasi Gaya Teknik Tumpuk untuk Pengguna Hijab ala Ayudia Bing Slamet

Ayudia Bing Slamet dipilih Uniqlo menjadi styling director untuk menyusun panduan padu padan gaya bagi perempuan berhijab.

Liputan6.com, Jakarta - Ayudia Bing Slamet baru-baru ini meluncurkan katalog panduan gaya pertamanya yang berkolaborasi dengan label fesyen asal Jepang Uniqlo. Terdapat 50 gaya padu-padan yang mudah ditiru oleh para pengguna hijab. Antara satu gaya dan gaya lainnya dirajut dalam benang merah teknik tumpuk alias layering.

Ibu satu anak mengaku teknik tumpuk bisa diandalkan untuk menghasilkan tampilan yang simpel dan elegan. Dengan teknik tumpuk, sambung Ayudia, seseorang tak perlu sampai menyingkirkan koleksi pakaian tanpa lengan milknya saat memutuskan berhijab. Tentu, padu-padannya harus apik.

"Awalnya aku memutuskan berhijab, berarti harus say good bye dengan baju yang sleeveless. Setelah kupikir enggak perlu. Ada solusinya dengan teknik layering. Sleeveless bisa ditutupi dengan outer atau jaket. Hampir sama dengan sleeveless, rok yang jatuhnya 7/8, Uniqlo punya legging yang bisa dipadupadankan," tutur Ayudia dalam launching Exclusive Modest Wear Manual, Kamis malam, 18 Juni 2020.

Saat menerapkan teknik tumpuk, ia mengingatkan untuk tak melupakan beberapa faktor, yakni warna, pola atau tekstur, dan hijab. Warna cerah, kata Ayudia, sebaiknya dipadankan dengan busana dengan warna yang lebih kalem agar tampilan tak terkesan berlebihan.

Anda juga bisa memadukannya dengan warna cerah lainnya asalkan tidak lebih dari tiga warna berbeda. Kalaupun menggunakan warna monokromatik, Anda bisa memadukan pakaian dengan warna sama tetapi berbeda bahan.

Sementara, dari pola atau tekstur, Anda bisa mengombinasikan motif garis-garis dengan luaran polos. "Hijabnya juga pilih yang simpel sehingga jadi makin elegan," sambung dia.

Material bahan juga penting diperhatikan agar layering tidak membuat Anda sesak. Dengan kondisi di Indonesia yang cenderung lembap dan panas, material yang tebal tentu akan membuat pengguna hijab tak nyaman bila memakai baju bertumpuk-tumpuk.

"Heattech adalah must have item yang harus diambil karena bahannya adem. Kayak yang aku pakai saat ini, turtleneck, hijab aku masukin ke dalem sehingga tetap terlihat sleek," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Bulan

Ayudia menerangkan pengerjaan proyek penyusunan manual book tersebut dimulai sejak awal tahun ini. Butuh sekitar tiga bulan untuk menyelesaikannya lantaran ia harus menyeleksi sekitar 400 item yang akan ditampilkan dalam manual book tersebut.

"Dipakai semua untuk menjadi 50 style," kata dia.

Salah satu yang menarik perhatian adalah memadukan jaket warna kuning terang dengan gaun 7/8 tanpa lengan serta celana jeans. Penampilannya secara keseluruhan terlihat kasual tetapi tetap stand out. Buku panduan itu kini bisa didapatkan di toko maupun secara online. 

"Misi saya dan UNIQLO Indonesia di kolaborasi ini adalah menginspirasi setiap perempuan untuk merasa nyaman dengan dirinya sendiri, agar dapat terus berkarya dan bermimpi," tulis Ayudia dalam buku tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.