Sukses

Daftar 24 Negara yang Melarang Sementara Warga Inggris untuk Liburan ke Negara Mereka

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 yang terjadi saat ini memaksa sejumlah negara memberlakukan kebijakan ekstra. Salah satunya untuk melarang sejumlah negara untuk berkunjung ke negaranya.

Hal itu dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona Covid-19. Larangan sementara itu juga berimbas pada dunia pariwisata. Saat sejumlah titik wisata melonggarkan lockdown, sejumlah pantai, bar, kafe mulai banyak dikunjungi wisatawan. Mereka sulit untuk tidak mendambakan liburan.

Namun, ketika tujuan liburan populer untuk orang Inggris di seluruh dunia mulai kembali normal, mungkin tidak mudah bagi wisatawan Inggris untuk mengunjungi negara pilihan mereka.

Yunani dan Siprus telah melarang Inggris karena catatan virus corona yang buruk. Jumlah total kematian terkait virus corona di Inggris kini telah melampaui 47.000, seperti dikutip Mirror.co.uk, Sabtu, 30 Mei 2020.

Dilansir media tersebut, berikut daftar negara yang saat ini melarang sementara warga Inggris untuk liburan di negaranya.  

2 dari 7 halaman

1. Yunani

Pemerintah Yunani mengatakan akan menerima turis dari 29 negara ketika membuka kembali perbatasannya, tapi Inggris tak masuk daftar. Negara-negara yang jauh diberikan lampu hijau, termasuk Australia, Jepang, Israel, Cina, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Negara-negara lain yang lebih dekat adalah Albania, Austria, Makedonia Utara, Bulgaria, Jerman, Denmark, Swiss, Estonia, Kroasia, Siprus, Latvia, Lebanon, Lituania, Malta, Montenegro, Selandia Baru, Norwegia, Hungaria, Rumania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Republik Ceko, dan Finlandia.

2. Spanyol

Spanyol akan mencabut aturan karantina 14 hari untuk wisatawan pada 1 Juli 2020, tetapi warga Inggris hanya akan diizinkan masuk ke negara itu jika Covid-19 berada pada tingkat "dapat diterima" di Inggris.

3. Argentina

Perbatasan Argentina tertutup bagi warga negara asing dan bukan penduduk yang memasuki negara itu sampai tengah malam pada 7 Juni 2020.

4. Australia

Perbatasan Australia ditutup. Hanya warga negara Australia, penduduk dan anggota keluarga dekat yang dapat melakukan perjalanan ke Australia.

5. Kolombia

Perbatasan darat dan laut Kolombia sekarang ditutup. Bandara ditutup untuk lalu lintas internasional hingga 31 Mei.

3 dari 7 halaman

6. Denmark

Sampai pemberitahuan lebih lanjut, perbatasan Denmark ditutup untuk warga negara asing yang tidak memiliki "tujuan yang layak" untuk memasuki Denmark. Turis juga tidak akan diizinkan melintasi perbatasan.

7. El Salvador

Pemerintah El Salvador telah melarang orang asing memasuki negara itu.

8. Gabon

Perbatasan darat, laut, dan udara ditutup. Semua visa turis untuk warga negara Inggris ditangguhkan bulan lalu.

9. Guatemala

Perbatasan darat, udara dan laut ditutup. Hanya warga negara, penduduk tetap, dan diplomat yang dapat memasuki negara ini.

10. India

Semua penerbangan ke negara itu akan tetap ditangguhkan hingga setidaknya 31 Mei. Semua perbatasan darat dengan Bangladesh, Bhutan, Myanmar dan Nepal di India Timur dan Timur Laut ditutup.

4 dari 7 halaman

11. Israel

Hanya warga negara atau penduduk Israel yang bisa masuk, tetapi pengecualian terbatas berlaku.

12. Kuwait

Pemerintah Kuwait tidak lagi mengizinkan orang non-Kuwait masuk ke Kuwait. Perbatasan darat dengan Irak dan Arab Saudi telah ditutup, dan negara-negara lain dapat memantau para pelancong dari Kuwait.

13. Latvia

Hanya warga negara Latvia dan penduduk tetap yang dapat memasuki Latvia.

14. Maladewa

Siapa pun yang telah meninggalkan atau melewati Inggris dalam 14 hari terakhir dilarang memasuki negara itu. Tapi ini tidak berlaku untuk warga negara Maladewa atau Inggris yang tinggal di sana dan memiliki pasangan di sana.

15. Selandia Baru

Perbatasan Selandia Baru saat ini ditutup untuk hampir semua kedatangan. Ada beberapa pengecualian di sini.

5 dari 7 halaman

16. Norwegia

Perbatasan Norwegia telah ditutup sebagian sejak Senin 16 Maret 2020. Saat ini, non-penduduk tidak diizinkan memasuki negara ini. 

17. Oman

Sampai pemberitahuan lebih lanjut, hanya warga negara Oman yang diizinkan memasuki Oman.

18. Peru

Semua perbatasan ditutup tanpa batas.

19. Filipina

FCO menyatakan bahwa warga negara Inggris tidak akan lagi dapat menerima visa pada saat kedatangan dan tidak akan dapat memasuki Filipina sampai pemberitahuan lebih lanjut.

20. Kepulauan Solomon

Semua non-warga Kepulauan Solomon tidak diizinkan masuk sampai pemberitahuan lebih lanjut.

6 dari 7 halaman

21. Slovakia

Masuk ke Slovakia hanya diizinkan untuk warga negara asing warga negara Slovakia dengan bukti tempat tinggal di Slovakia, dan warga negara asing lainnya dalam kondisi tertentu.

22. Amerika Serikat

Menurut FCO, tidak mungkin bagi banyak warga negara Inggris untuk memasuki AS jika mereka telah berada di Inggris, Irlandia, zona Schengen, Iran, atau Cina dalam 14 hari sebelumnya.

23. Vietnam

Vietnam untuk sementara waktu melarang masuk semua warga negara asing, dengan sangat sedikit pengecualian untuk pekerja berketerampilan tinggi.

24. Siprus

Sejak 15 Maret 2020, warga negara Inggris tidak diizinkan memasuki Republik Siprus untuk pariwisata sementara keadaan darurat diberlakukan.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: