Sukses

Santapan Khas Melayu Bisa Jadi Menu Andalan Berbuka Puasa

Ketan kuning biasanya disajikan saat acara acara khusus atau kebesaran, misalnya syukuran pernikahan, khitanan atau saat akan berangkat beribadah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dikenal dengan beragam kuliner yang menarik dan menggugah selera. Salah satunya adalah ketan kuning. Makanan tradisional ini cocok di lidah masyarakat Indonesia serta mudah didapat. Ketan kuning merupakan salah satu makanan khas Melayu yang ada di Sumatera Utara.

Namun kini tak usah jauh-jauh pergi ke Medan untuk sekedar mencicipi ketan kuning. Anda bisa memesannya ke rumah yang tentunya lebih aman di masa pandemi corona seperti sekarang ini.

Menu ini juga cocok untuk santapan berbuka puasa di bulan Ramadan ini. Jadi cukup lakukan pemesanan dan makanan siap diantar ke rumah Anda.

Inilah yang di katakan Budi Saragih pelopor ide membuat masakan rumahan khas Melayu yaitu ketan kuning dengan nama Ketan Kuning Mak Eches.

Jika bukan orang Sumatera Utara, mungkin belum banyak yang tahu ketan kuning ini adalah salah satu makanan khas Melayu Deli.

Masyarakat di Sumatera Utara, seperti Kota Medan, Tebing Tinggi, Binjai, Deli Serdang dan lainnya menyebut ketan itu dengan sebutan pulut dan pulut kuning. Sedangkan masyarakat pulau Jawa menyabutnya dengan ketan.

Ketan kuning ini biasanya disajikan saat acara acara khusus atau kebesaran, misalnya syukuran pernikahan, khitanan dan saat syukuran akan berangkat menunaikan ibadah haji.

Ketan kuning biasanya disajikan dengan ayam panggang dan telur rebus saat acara syukuran tersebut. Namun, muncullah ide dari Budi Saragih yang memadupadankan kuliner Sumatera Utara lainnya yaitu dengan rendang , dimana ketan kuning dimakan bersamaan dengan rendang ( bisa rendang ayam atau daging sapi).

Selain itu, Budi Saragih memperkenalkan ketan kuning disantap dengan rendang kerang dara. Rasanya sangat lezat dan mengundang selera.

Bagi Anda pecinta kuliner, wajib mencicipinya karena rasanya yang tak perlu diragukan lagi dan tentunya harga yang pas di kantong. Selain itu, menu lainnya yang tersedia di Ketan Kuning Mak Eches ada Lontong Medan dan Rendang Telur.

Kalau tertarik membeli, Anda bisa melihatnya di akun Instagram @ketankuningmakeches atau pesan langsung lewat WhatsApp di 081310919526.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.