Sukses

Uniknya Rumah Industrial Modern yang Manfaatkan Bahan Daur Ulang

Liputan6.com, Jakarta - Rumah industrial modern hadir dengan sentuhan yang menarik. Seperti hunian yang berlokasi di Jakarta Utara ini mengambil analogi bentuk White Base Pegasus Class dari serial film animasi asal Jepang, "Mobile Suit Gundam".

Selain bentuknya yang unik, material arsitektur yang dipakai pun terbilang tak biasa, yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang. Penggunaan material arsitektur khusus kemudian dipadukan dengan teknik finishing industrial murni.

Hal tersebut menghasilkan rumah tinggal bergaya industrial modern yang super keren. Simak inspirasi selengkapnya dalam rangkuman Arsitag di bawah ini.

Ruang Keluarga yang Terang dan Sejuk

Tantangan yang sering muncul ketika membangun hunian di perkotaan atau pemukiman padat penduduk adalah soal pengaturan cahaya alami yang cukup dan sirkulasi udara yang sehat. Nah, untuk menyiasati kondisi tersebut, tim Davay Dasvidaniya merancang ruang keluarga dengan konsep terbuka.

Pada sisi dinding belakang sofa ruang keluarga, material kaca dipasang menggunakan rangka yang dicat warna netral. Menegaskan ciri khas rumah industrial. Dinding dari kaca ini dirancang seperti jendela yang bisa dibuka danditutup secara otomatis.

Berkat dinding kaca inilah, intensitas cahaya alami dan sirkulasi udara di dalam rumah terjaga dengan baik. Terkhusus, untuk area ruang keluarga beserta ruang-ruang lainnya yang berdekatan.

Di ruang keluarga ini pula, dihadirkan elemen kayu sebagai elemen wajib dalam sebuah rumah industrial. Elemen kayu tampak pada sofa, meja tamu, meja kabinet, hingga aksen bilah-bilah kayu di langit-langit.

Uniknya lagi, meja menggunakan potongan kayu gelondong yang menonjolkan bentuk aslinya, serta tanpa finishing yang berlebihan. Elemen kayu di ruang keluarga kemudian berpadu apik dengan latar belakang dinding semen ekspos yang terlihat kuat dan awet.

 
2 dari 6 halaman

Konsep Terbuka Tanpa Sekat

Karakter khas rumah industrial berikutnya adalah adanya ruang terbuka tanpa sekat. Desainer sengaja membuat ruang keluarga terhubung dengan dapur, sehingga memberi kesan luas yang tak terbatas.

Selanjutnya, dapur juga dibuat berdekatan tanpa pembatas dengan ruang makan. Sebuah meja makan panjang dan besar yang lagi-lagi terbuat dari belahan batang pohon, menjadi penanda ruang makan.

Ruang makan yang terbilang mungil ini berbatasan langsung dengan dry garden, sehingga kesan sempit sama sekali tak dirasakan. Sirkulasi udara dan pencahayaan di ruang makan pun sangat melimpah.

Baik yang bersumber dari sejumlah lampu untuk penerangan di malam hari, maupun cahaya alami matahari di siang hari. Ruang makan ini juga berdampingan dengan kamar tidur.

Lagi-lagi, kedua ruangan dibatasi menggunakan material kaca yang tembus pandang, sehingga memberi efek visual ruang yang luas tanpa batas.

 
3 dari 6 halaman

Kamar Tidur Utama dan Dry Garden

Keberadaan dry garden di tengah rumah bergaya industrial modern menjadi elemen yang sangat penting. Selain bersebelahan dengan ruang makan, dry garden berbatasan pula dengan kamar tidur utama.

Berkat letak dry garden yang strategis, mengakibatkan kamar tidur memperoleh banyak cahaya alami sehingga terang benderang di siang hari. Kamar tidur dan dry garden dibatasi dengan dinding kaca yang bisa digeser dengan mudah. Menunjang sirkulasi udara di dalam kamar tidur tetap terjaga dengan baik.

Elemen cermin juga ditambahkan di salah satu sisi dinding. Cermin sengaja dipasang memenuhi seluruh sisi dinding, membantu memantulkan cahaya agar menerangi kamar secara maksimal.

Berkat cermin berukuran besar yang menjulang dari lantai hingga langit-langit ini pula, tercipta ilusi visual ruangan sangat luas. Kamar tidur yang berukuran mungil pun serasa lebih lega dan lapang. Instalasi cermin yang rapi ini juga memberi sentuhan desain modern.

4 dari 6 halaman

Skylight di Kamar Tidur

Berbeda dengan kamar tidur utama, kamar tidur berikutnya memadukan penggunaan jendela dan skylight. Keberadaan skylight yang memanjang dari lantai hingga langit-langit membuat ruangan terpapar cahaya alami.

Di malam hari, penghuni kamar bisa melihat pemandangan malam tanpa harus keluar rumah. Uniknya lagi, langit-langit dan skylight sungguh stylish dan super keren karena posisinya miring mengikuti bentuk atap. Sekaligus, menjadi bagian dekorasi khusus pada fasad depan rumah yang mengadaptasi bentuk Gundam White Base Pegasus Class.

5 dari 6 halaman

Lagi, Skylight di Area Tangga

Rancangan rumah industrial modern ini benar-benar memanfaatkan cahaya alami secara optimal. Skylight tidak hanya dipasang di kamar tidur tetapi juga di area anak tangga. Keberadaan skylight menerangi area anak tangga sehingga menghemat penggunaan lampu.

Kaca skylight dibingkai dengan rangka layaknya baja tegas yang memperkuat nuansa industrial dengan jelas. Selan itu, bingkai jendela ini pula yang seolah menegaskan nuansa robotik. Nah, jadikan rumah kreasi tim Davay Dasvidaniya sebagai salah satu inspirasi ideal rumah industrial modern.

Selain menggunakan material daur ulang, rumah ini pun memadukan penggunaan material kayu dan semen ekspos, serta memasukkan pencahayaan alami secara optimal terhadap ruangan-ruangan di dalamnya. Ditambah, elemen skylight dan dinding kaca telah memberi sentuhan modern yang super keren.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: