Sukses

8 Inspirasi Mempercantik Ruang Makan nan Instagramable, Bikin Makin Betah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Berada di rumah saja selama berminggu-minggu tentu akan membuat bosan. Suasana baru dibutuhkan agar mood kembali bangkit. Anda bisa memulainya dari menata ulang ruang makan.

Rasa kangen untuk datang ke restoran yang berdesain Instagramable bisa diatasi dengan menghadirkan nuansa serupa di rumah. Anda bisa menata sendiri ruang makan dengan tampilan sesuai keinginan. 

Mengingat selera desain setiap orang berbeda-beda, maka pilihlah meja makan, kursi, dekorasi, ataupun wallpaper yang cocok dengan preferensi anggota keluarga. Ini bisa menjadi kesibukan baru yang produktif dan bikin betah bertahan selama berada di rumah saja.

Masih bingung desain seperti apa yang bisa diterapkan? Berikut ini beberapa desain ruang makan cantik yang bisa Anda tiru seperti dirangkum tim Arsitag.

1. Ruang Makan Cantik Outdoor

Agar pengalaman makan bersama menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa mecoba konsep outdoor. Seperti namanya, sediakan ruang makan di area luar ruang rumah Anda, seperti taman atau rooftop. Cocok sekali untuk Anda yang gemar barbeku-an dan kangen liburan.

2. Ruang Makan Bergaya Tropis

Mengapa tidak mencoba desain ruang makan yang terbilang jarang ditemukan? Yakni, ruang makan bergaya tropis. Dengan menerapkan gaya ini, Anda akan serasa sedang makan di tepi pantai atau kawasan tropis lainnya. Desain seperti ini cocok sekali diletakkan di teras rumah Anda sehingga menjadi semi outdoor.

3. Ruang Makan Gaya Skandinavian

Semakin populernya gaya desain Skandinavia di Indonesia, memudahkan Anda untuk mewujudkan ruang makan dengan gaya seperti itu. Perpaduan antara material berwarna pastel dan elemen kayu akan menghasilkan ruang makan yang nyaman, dan pasti Instagramable.

2 dari 4 halaman

4. Ruang Makan Cantik Gaya Industrial

Anda tak perlu bingung jika ingin memiliki ruang makan dengan gaya industrial. Beberapa meja dan kursi makan sudah ada yang sengaja didesain dengan konsep industrial yang unfinished. Kelebihannya lagi, gaya industrial termasuk fleksibel dan mudah membaur dengan gaya desain lainnya.

5. Ruang Makan Minimalis Serba Putih

Ingin memiliki ruang makan cantik dengan kesan yang super bersih? Pilihlah warna-warna yang dominan cerah seperti ruang makan serba putih milik MO House. Jangan lupa, hadirkan elemen kayu sebagai tekstur yang bermanfaat memecah kekakuan gaya minimalis.

6. Ruang Makan Bernuansa Gelap

Sebaliknya, ruang makan dengan dominasi warna gelap bukan berarti terlihat kotor, melainkan terkesan lebih maskulin dan mewah. Trik agar jauh dari kesan suram, pilihlah furnitur dengan bentuk yang unik agar menyemarakkan acara makan bersama keluarga. Terakhir, sentuhan pot tanaman di atas meja menambah hidup suasana.

3 dari 4 halaman

7. Ruang Makan Tradisional

Jika ingin makan cantik dengan gaya tradisional, Anda bisa mengusung konsep tempo dulu. Gunakan furnitur bermaterial kayu jati dengan volume yang berkesan berat. Hiasi meja makan dengan taplak meja, membawa suasana nostalgia selagi menyantap bersama.

8. Ruang Makan Open Plan

Terakhir, keterbatasan lahan bukan penghalang untuk memiliki ruang makan cantik. Apartemen studio dengan luas terbatas tetap bisa menggunakan meja dan kursi makan dengan jumlah yang disesuaikan dengan ukuran ruangan. Mengambil manfaat konsep open plan, pajangan dinding di ruang keluarga di sebelahnya, otomatis menjadi dekorasi yang menyemarakkan acara makan bersama.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki