Sukses

5 Inspirasi Desain Ruang Makan yang Menyatu dengan Dapur

Liputan6.com, Jakarta - Demi menghemat ruang, menggabungkan dua fungsi ruangan sering menjadi solusi hunian sempit. Salah satunya adalah menggabungkan ruang makan dengan dapur.

Trik yang sering digunakan ini justru membawa keuntungan. Jika dapur terlalu sempit untuk menyiapkan bahan masakan, Anda bisa menggunakan meja makan sebagai gantinya. Selain itu, memindahkan masakan yang masih dalam keadaan panas pun tidak terlalu jauh.

Ruang makan yang digabung dengan dapur harus memiliki desain yang apik. Bingung desain seperti apa yang bisa diaplikasikan? Dekoruma merangkum lima inspirasi desain interiornya berikut ini.

Desain untuk Kamar Studio

Jika hunian Anda adalah apartemen dengan satu kamar tidur, model dapur seperti ini bisa digunakan. Area meja makan yang seperti bar bisa digunakan sebagai sekat yang memisahkan dapur dengan ruang lainnya.

Warna abu-abu yang digunakan disebar pada kabinet dan counter top dapur. Tak lupa, ada rak terbuka di atas kulkas sebagai tempat dekorasi.

 

 

 

Bergaya Industrial

Anda ingin suasana ruang makan dan dapur bergaya ala pabrik tahun 90an? Cobalah desain interior industrial seperti di atas.

Fokus utamanya adalah pada besi-besi hitam pada rak gantung dan keramik bata putih pada area backsplash. Elemen kayu yang masih sedikit terlihat guratannya pun jadi daya tarik sendiri.

Rak gantung di area dapur akan memudahkan Anda mencari bahan makanan. Selain itu, rak gantung juga bisa jadi tempat menaruh dekorasi di area meja makan.

2 dari 3 halaman

Sentuhan Biru Pastel

Sebuah desain ruangan tidak harus bermain dengan warna netral. Sesekali, Anda perlu sedikit memberanikan diri dengan menggunakan warna yang lebih ceria.

Pada desain di atas, warna utama yang digunakan adalah warna biru pastel yang diaplikasikan pada kabinet dapur dan meja makan. Sebagai penyeimbang, warna-warna netral seperti coklat dan putih dihadirkan. Perpaduan warnanya pun menghasilkan suasana yang menenangkan.

 

 

Serba Putih tapi Tak Monoton

Warna putih selalu jadi warna favorit. Sifatnya yang memberikan kesan bersih membuat ruangan apapun jadi lebih mewah.Buktinya ada pada ruang makan dan dapur ini. Ditambah dengan cahaya matahari yang masuk lewat jendela, area ini menjadi makin elegan dan nyaman digunakan sebagai tempat kumpul keluarga.

Supaya tidak terlalu membosankan, Anda bisa menambahkan warna-warna lain seperti warna biru pada kursi makan dan bantal dekorasi. Kesan alami bisa makin terasa juga lewat kehadiran kayu cokelat muda pada area kabinet, parket, dan kursi panjang.

Desain Huruf L

Model ruang makan dengan dapur yang seperti ini akan menciptakan kesatuan yang lebih terasa. Sebab, area counter top terhubung langsung dengan meja makan seperti huruf L.

Area sudut yang menjadi transisi counter top dengan meja makan bisa digunakan sebagai tempat menyiapkan masakan. Suasana alami tidak melulu lewat tanaman, tapi bisa melalui dominasi kayu sebagai material utama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: